Peras Kepala Desa, Enam Oknum LSM LP KPK di Sumenep Diringkus Polisi

Oknum LSM LP KPK menjalani pemeriksaan di Polres Sumenep. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sumenep, melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap enam oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP KPK), Selasa 6 November 2018 kemarin.

Mereka diringkus polisi di Jalan Raya Lingkar Barat, Desa Babbalan Kecamatan Batuan, karena diduga melakukan pemerasan terhadap salah satu kepala desa. Dalam OTT itu, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti.

“Enam oknum LSM LP KPK ini mengancam mau melaporkan salah satu kepala desa ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep,” terang KBO Reskrim Polres Sumenep, Iptu Taufik Hidayat, Rabu (7/11/2018).

Menurutnya, kepala desa yang bersangkan tersebut ditakut-takuti karena dianggap mengerjakan proyek desa tidak sesuai dengan rencana anggaran belanja (RAB). Bahkan, keenam oknum LSM tersebut nekat meminta uang sebesar Rp 10 juta.

“Kami OTT ketika oknum LSM baru merima uang Rp 5 juta,” imbuh Taufik.

Identitas para oknum LSM itu berinisial MA, IA, AKJ, AH, AS dan satu orang sopir. Barang bukti yang disita polisi berupa uang tunai Rp 4.700.000, Handphone, mobil Avanza warna putih nomor polisi M 1755 VG, dan sepeda motor.

“Keenam oknum LSM itu dijerat pasal 368 KUHP dan pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal sembilan tahun penjara,” tandasnya.(*)

Penulis: Sai

Editor: Riyan Mahesa