Peredaran Narkoba Semakin Marak, Wabup Bangkalan Desak Bentuk BNNK

image

Bangkalan, maduracorner.com – Peredaran narkoba di Kabupaten Bangkalan saat ini malah semakin memperihatinkan. Sejumlah kecamatan bahkan sudah masuk zona merah peredaran narkoba. Terutama jenis sabu-sabu (SS). Pihak Pemkab Bangkalan mengusulkan agar secepatnya dibentuk Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) di Kabupaten Bangkalan.

Hal ini dilontarkan oleh Wabup Bangkalan Ir. Mondir Rofi’i kepada Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad. “Bupati Bangkalan sudah memberi respon positif dengan menggelar rapat koordinasi soal pembentukan BNNK. Selanjutnya rapat melibatkan insatansi vertikal dan tinggal menyiapkan kantor serta sarana sekretariat BNNK yang dibutuhkan,”terang Ra Mondir kepada maduracorner.com, senin (7/3/2016).

Ketua DPC PKB Bangkalan ini juga mengakui, sebelumnya di Bangkalan memang sudah dibentuk Badan Narkotika Kabupaten (BNK) yang dia pimpin sendiri. Namun sayang, ruang gerak operasinya sangat terbatas karena hanya berada dibawah naungan Pemkab Bangkalan.

Sedangkan kewenangan BNNK nantinya lebih bersifat vertikal. Artinya, kewenangan lembaga ini mengakar mulai dari pusat hingga kabupaten melalui lembaga Polri yang sifatnya mengikat.

Sehingga dalam operasi pencegahan peredaran narkoba untuk di tingkat kabupaten bisa lebih luas dan leluasa bergerak. “Jabatan ketua BNNK nanti dipimpin aparat kepolisian setingkat kapolres,”ujar Ra Mondir. (yan/mad)

Penulis: Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia