Peringati HIV-AIDS, Ikamaba Gelar Aksi Damai

663 views

Puluhan Mahasiswa turun jalan | Oleh ; Aryan

 

Mahasiswa Ikamaba saat aksi-foto : Aryan/MC.com

Mahasiswa Ikamaba saat aksi-foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– memperingati hari HIV-AIDS, sekitar 30 orang mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Bangkalan (Ikamaba) menggelar aksi damai disepanjang jalan Sukarno-Hatta. Koordinator lapangan (korlap), Taufik mengatakan, sesorang yang terkena virus Human Immuno Deficiency Virus (HIV) – Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) sanga membahaykan, karena sesorang yang terkena virus HIV-AIDS itu bisa memperlemah kekebalan tubuh manusia sekaligus orang yang mengidap HIV-AID tersebut akan menjadi rentan terhadap inpeksi uportunistik atau mudah terserang tumor. Meski saat ini sudah ditemukan obat penahan atau memperlambat lajunya perkembangan virus tapi belum ada obat yang benar- benar bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

“Maka dari itu kami menghimbau kepada para generasi muda dan masyarakat hindari perilaku sek bebas. Cegah HIV- AIDS dengan cara ABCDE, singkatan dari Abstinence, Be Faithful, Condom, Don’t Inject, and Education. Artinya, tidak melakukan hubungan seks bebas atau suka berganti  pasangan, setia pada 1 pasangan resmi,  gunakan kondom, jangan gunakan jarum suntik tidak steril dan cegah dengan pendidikin,” ujar Taufik.

Seperti diketahui kata Taufik, biasanya penderita HIV-AIDS mempunyai gejala infeksi sistemik, seperti demam, berkeringat terutama pada malam hari, pembengkakan kelenjar, kedinginan, merasa lemah, serta penurunan berat badan.

Disamping itu imbuhnya, penularan virus HIV bisa disebabkan oleh hubungan intim (vaginal, anal atau oral), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan anak selama kehamilan, bersalin atau menyusui. Saat ini diperkirakan penyakit HIV-AIDS telah menginfeksi sekitar 38,6 juta orang diseluruh dunia. “Itu sebabnya kami  berharap kepada generasi muda agar berhati- hati dan hindari perilaku seks bebas,” pungkasnya. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia