Peringati HPN, KWB Gelar Seminar Jurnalistik

754 views
Para Pemateri Seminar  Jurnalistik-foto: A Shohib/MC.com

Para Pemateri Seminar Jurnalistik-foto: A Shohib/MC.com

100 siswa SMA Ikuti Seminar. I oleh : A.Shohib

Maduracorner.com,Bangkalan – Dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Insan Pers Bangkalan yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Bangkalan (KWB) menggelar seminar jurnalistik dan kode etik jurnalistik Bagi siswa SMU yang di gelar di Aula Kantor Dishubkominfo Bangkalan, Senin (24/2). 

Dalam seminar tersebut, Panitia menghadirkan nara sumber,
Dwi Eko Lokononto yang juga Pimpinan Redaksi (pimred) media online Beritajatim.com. “Wartawan adalah profesi-nya orangrang pinter. Jadi adik-adik harus pinter jika ingin jadi wartawan,” kata Lucky panggila akrabnya Dwi Eko Lokononto

Dijelaskan Lucky, seorang wartawan harus mampu menyusun perencanaan dan draf berita sebelum melakukan liputan ke lapangan. “Kalau adaik-adik nanti jadi Wartawan jangan jadi keranjang sampah, artinya wartawan yang hanya merekam dan mencatat perkataan nara sumber,” jelas Lucky yang juga pernah menjadi wartawan Surabaya Post itu.

Mahmud salah seoran siswa SMK-N Bangkalan, dalam kesempatan itu menanyakan, apakah masyarakat bisa memberikan imbalan kepada wartawan agar supaya dirinya diberitakan dengan pemberitaan yang bagus. 

Menjawab pertanyaan Mahmud, Lukcy menjelaskan memberi imbalan kepada wartawan boleh, akan tetapi tidak semua wartawan ketika diberi imbalan berupa uang menulis yang baik-baik saja. “Meskipun diberi uang kalau ngak bagus, ngak akan ditulis dengan wartawan, dan untuk tulisan yang baik itu biasanya ada kode tersendiri seperti advitorial,” pungkas Lucky.

Selain Dwi Eko Lokononto, panitia juga menghadirkan nara sumber Humas PT semen Indonesia, Mohammad Faiq Niyazi (shb)

Email Autoresponder indonesia