Peringati HPSN, Polisi Bersih-bersih Pesisir Pelabuhan Kamal

Kapolres Bangkalan AKBP Bobby Pa’ludin Tambunan ikut serta memungut sampah. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Polres Bangkalan, Madura, Jawa Timur, memunguti sampah-sampah yang mengotori pesisir Pelabuhan Kamal. Kegiatan bersih-bersih ini, dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari.

“Melalui HPSN, kami ingin menggugah kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah pada tempatnya,” ucap Kapolres Bangkalan, AKBP Bobby Pa’ludin Tambunan, Kamis (21/2/2019).

Menurutnya, kegiatan bhakti sosial itu juga melibatkan Kodim 0829/Bangkalan, TNI AL Batuporon, Bhayangkari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan, dan siswa SMP, SMK/SMA di Kecamatan Kamal.

“Total peserta yang terlibat sebanyak 462 orang. Selama satu jam, kami mampu mengumpulkam empat ton sampah,” ucapnya.

Boby menjelaskan, Pelabuhan Kamal menjadi sasaran bersih-bersih, karena di sekitar pesisir sangat kotor dan dipenuhi berbagai macam jenis sampah. Utamanya, sampah-sampah rumah tangga yang sengaja dibuang oleh masyarakat setempat.

“Sebelumnya, kami juga melakukan kegiatan serupa di Kecamatan Tanjung Bumi, dan Kecamatan Kawanyar,” paparnga.

Mantan Kasubdit III Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Ditreskrimum Polda Jawa Timur itu berharap,
masyarakat membudayakan hidup sehat, dan peduli terhadap lingkungan. Terlebih, mampu mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai melaui ide-ide kreatif.

“Kegiatan bersih-bersih ini merupakan bentuk kepedulian bersama terhadap kesehatan lingkungan,” tutur Kapolres Bangkalan, AKBP Bobby Pa’ludin Tambunan. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia