Peringati HUT ke-72 RI, Ribuan Santri Demangan Gelar Pawai Obor dan Tahlil 

Santri Pondok Pesantren Syaichona Mohammad Cholil Demangan Bangkalan, saat tiba di taman makam pahlawan sebelum menggelar do’a dan tahlil bersama

Bangkalan, maduracorner.com – Ribuan santri Pondok Pesantren Syaichona Mohammad Cholil Demangan, menggelar refleksi hari kemerdekaan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bangkalan, Selasa (15/8/2017) malam. 

Sebelum menggelar do’a dan tahlil di tempat peristirahatan terakhir para pejuang kemerdekaan itu, sebanyak 1300 santri yang dipimpin langsung oleh KH M Nasih Aschal melakukan long march dengan membawa obor dan bendera merah putih.

“Ini sebagai bukti semangat nasionalisme kaum pesantren sangat besar,” tegas Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Mohammad Cholil Demangan Bangkalan, KH M Nasih Aschal. 

Ra Nasih sapaan akrabnya menekankan memperingati hari kemerdekaan jangan hanya dijadikan ritual tahunan dan kegiatan formalitas tanpa tujuan yang jelas. Namun, bagaimana mengisi kemerdakaan ini dengan pembangunan demi kemajuan bangsa dan negara. 

“Kami juga menggelar tahlil bersama mendo’akan para pejuang yang telah mendahului kita. Tanpa mereka kemerdekaan ini tidak akan pernah ada,” imbuhnya. 

Menurutnya, refleksi semacam ini untuk mengingat sejarah pengorbanan para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raga demi Indonesia. Dan perlu diingat bahwa kaum pesantren juga memegang peran penting dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. 

“Menghargai para pahlawan tidak hanya dengan mendoakan saja, tetapi juga mempraktikkan nilai atau ajaran baik mereka. Terutama mempertahan kesatuan dan persatuan agar bangsa ini tetap kokoh,” tandasnya. (*)

Penulis: Heriyanto Ahmad

Editor: Achmad

Email Autoresponder indonesia