Permudah Pelayanan, Dispendukcapil Pamekasan Rekam KTP-Elektronik di Pedesaan

Proses perekaman KTP-Elektronik di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumur Tengah Desa Palenga’an Laok, Kecamatan Palenga’an Pamekasan. (FOTO: Nanang Sufianto)

PAMEKASAN, MADURACORNER.COM- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, melakukan perekaman KTP-Elektronik di wilayah pedesaan. Sistem jemput bola ini, untuk mempermudah pelayanan.

Dispendukcapil Pamekasan mengawali perekaman KTP-Elektronik tersebut, di Pondok Pesantren (Ponpes) Sumur Tengah Desa Palenga’an Laok, Kecamatan Palenga’an. Peserta yang diajukan, sebanyak 200 orang yang terdiri dari santri dan warga setempat.

“Namun yang hadir melakukan perekaman, hanya sekitar 100 orang,” kata Kasi Identitas Penduduk Dispendukcapil Pamekasan Abul Hayat, Jumat (28/18/2018).

Menurutnya, proses perekaman hingga ke pedesaan itu untuk menjangkau daerah-daerah terpencil. Dengan demikian, masyarakat yang selama ini merasa kesulitan melakukan perekaman KTP-Elektronik tetap mendapat pelayanan dengan baik.

“Metode semacam ini akan terus kami lakukan agar semua wilayah terpencil dapat terjangkau,” terang Abul Hayat.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Sumur Tengah, Desa Palenga’an Laok, Bahrullah Shodiq mengapresiasi inisiatif Dispendukcapil Pamekasan yang rela turun ke bawah untuk melakukan perekaman KTP-Elektronik.

“Kami harap cara seperti ini bisa dilakukan secara berkesinambungan, karena sangat membantu masyarakat yang di pedesaan,” tandasnya. (*)

Penulis: Nanang Sufianto

Editor: Riyan Mahesa

Email Autoresponder indonesia