Permudah Transportasi laut, Jokowi Siapkan 200 Kapal

1397 views
image

Jokowi di Galangan Kapal Adiluhung Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Mahalnya kebutuhan masyarakat karena keterbatasan transportasi laut menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo. Dengan memperbanyak kapal motor (KM) diharapkan distribusi barang khususnya bagi daerah-daerah terpencil bisa berjalan dengan baik.

“Tahun ini kita siapkan 200 kapal. Lalu tahun depan 160 kapal berbagai macam type. Insyaallah pelayanan bagi masyarakat maupun barang dapat terpenuhi dengan baik,”terang Joko Widodo saat peresmian 3 kapal di PT Adi Luhung, Bangkalan, selasa (10/11/2015) siang.

Presiden ke 7 ini menyampaikan, banyak yang melupakan jika bumi nusantara terdiri 2/3 air, dan 17 ribu pulau dengan jumlah penduduk 250 juta yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Betapa sulitnya apabila tidak memiliki sarana transportasi laut untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. “Hari ini saya merasa senang karena sesuai dengan target, kapal yang menghubungkan antar pulau satu persatu telah direalisasikan,”tambah Jokowi.

Jika penambahan kapal terus dilakukan, harga distribusi nasional bisa murah. Mahalnya harga barang di daerah-daerah yang sulit dijangkau karena keterbatasan sarana transportasi laut.

“Sekarang kita sudah punya kapal ternak dengan kapasitas bisa mengangkut 500 ekor sapi. Selama ini banyak keluhan dari Gubernur NTT karena proses pengiriman sapi harus melalui jarak tempuh yang sangat panjang,”tandasnya. (her/mad)

Penulis: Donny Heryanto
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia