Persediaan Pupuk Masih Aman, Pemerintah Sediakan 21 Ribu Ton Pupuk

image

Bangkalan,Maduracorner.com – Untuk memenuhi kebutuhan 29 ribu hektar lahan milik para petani di Kabupaten Bangkalan. Pertahun pemerintah meyediakan sekitar 21 ribu ton pupuk UREA, SP-36  dan jenis pupuk lainnya. “Untuk memenuhi kebutuhan 29 ribu hektar (Ha) lahan pertanian yang ada di Kabupaten Bangkalan. Setiap tahunya pemerintah siapkan 21 ribu ton pupuk dan obat-obatan lainnya untuk memenuhi kebutuhan 29 ribu hektar (Ha) lahan pertanian di Kabupaten Bangkalan,” terang Kepala Dispertanak Kabupaten Bangkalan, Abd.Razak pada Rapat Sinkronisasi, Pendistribusian Pupuk dan Pestisida serta Kegiatan Penguatan Komisi Pengawasan Pupuk Pestisida (KP3) Dispertanak Tahun Anggaran 2014 di aula Dispertanak Bangkalan, Kamis, (11/12/2014).

Dijelaskan dia, rapat yang digelar bersama ratusan pemilik kios dan distributor di Kabuoaten Bangkalan tersebut. Dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dalam masalah penyaluran pupuk dan obat-obatan yang dibutuhkan petani. Termasuk  memberi pengertian kepada para pemilik kios dan distributor agar tidak menjual pupuknya melebihi ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. “Kios dan distributor pupuk itu, bukan pedagang karena harganya sudah ditetapkan oleh pemerintah,” terang. Razak.

Soal kelangkaan pupuk di Kabupaten Bangkalan, lanjut Razak, kebenaranya harus di cek kelapangan dan perlu di lakukan evaluasi kembali. Apakah memang benar saat ini telah terjadi kelangkaan pupuk. Kemudian siapa yang berteriak kekurangan pupuk itu, apakah pemilik kios, distributor atau petani. Sebab jika ditinjau secara normatif, termasuk RDK dan RTKK-nya sudah dipenuhi sesuai quota yang telah ditetapkan.  Itu sebabnya, untuk mengantisipansi dan menghindar dari terjadinya penimbunan pupuk dan obat-obatan lainnya.

Dispertanak Bangkalan berusaha mengoptimalkan pengawasan bekerja sama dengan KP3. “Kalau ada penimbunan, kami akan melaporkan ke pihak berwajib,”
pungkas mantan Kepala Disperidag Bangkalan tersebut.

Penulis : Aryan
Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia