Persiapan Pembentukan IJTI Korda Bangkalan, Jurnalis TV Gelar Tasyakuran

Bangkalan, Maduracorner.com,
Sejumlah jurnalis dari beberapa media televisi wilayah liputan Bangkalan dan Madura menggelar tasyakuran pembentukan organisasi Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Persiapan Korda Bangkalan di Jl Cokro Aminoto Bangkalan, Rabu, (13/01/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron bersama anggota Forkopimda dan perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jawa Bali dan Madura.

Acara yang dilaksanakan di rumah penasehat IJTI, Jimhur Saros, Jl Cokro Aminoto Bangkalan itu juga dihadiri oleh segenap jurnalis dari beberapa media televisi wilayah liputan Bangkalan dan Madura.

Ketua IJTI Persiapan Korda Bangkalan Abdur Rahem menyampaikan, IJTI Bangkalan ini hanya embrio. Stimulan bagi jurnalis televisi se Madura. Karena ke depannya memang diproyeksikan untuk IJTI Korda Madura Raya.

“Kenapa proyeksinya kesana? Karena terkait dg syarat minimal keanggotaan dalam IJTI. Yakni minimal 15 orang,” ungkapnya.

Pria yang aktif sebagai Jurnalis Madu TV ini mengatakan, legalitas IJTI nanti dari pusat atas nama IJTI Madura Raya. Sementara pengajuannya akan segera dilakukan ke pihak IJTI Jawa Timur.

“Untuk sementara memang hanya menampung 7 jurnalis TV yang biasa ngepos di Bangkalan. Menjadi wadah bagi kami untuk mensolidkan koordinasi terutama terkait liputan,” ucapnya.

Apalagi menurut Rahem, melihat sistem dan karakteristik liputan jurnalis TV memang berbeda dengan jurnalis lain. Seperti media cetak maupun elektronik seperti online atau radio.

“Yang membedakan tentu terkait kebutuhan visual liputan. Nah, wadah baru inilah utk mensolidkan kinerja dan koordinasi antar kawan-kawan jurnalis televisi. Khusunya yang ada di Bangkalan,” ungakapnya.

Pada kesempatan itu, dalam sambutannya, Bupati Ra Latif menyampaikan apresiasi serta selamat atas terbentuknya IJTI Korda Bangkalan. Ia berharap dengan adanya wadah organisasi ini, teman-teman media dapat terus menyebarluaskan berbagai informasi melalui berita yang berimbang, aktual dan terpercaya.

“Kami Pemerintah Kabupaten Bangkalan, juga berharap adanya sinergitas yang baik dengan awak media baik televisi maupun media lainnya dalam penyebarluasan informasi,” ujar Ra Latif.

Bupati menyampaikan, media yang ada di Bangkalan tidak hanya memberikan informasi terkait kegiatan atau kejadian-kejadian saja. Namun beberapa potensi yang ada di Bangkalan juga dapat diekspos, sehingga Bangkalan lebih dikenal dengan berbagai potensi yang dimiliki.

“Karena itu kami akan terus membangun sinergi yang baik dengan awak media, karena media ini memiliki peranan yang strategis terutama dalam menyampaikan berbagai program serta keberhasilan pemerintah daerah pada masyarakat, atau sebaliknya berbagai informasi dari masyarakat pada pemerintah,” jelas Bupati.

Sementara itu Penasehat IJTI Korda Bangkalan, Jimhur Saros mengatakan terbentuknya IJTI tersebut sebagai wadah bagi kalangan wartawan media televisi yang ada di Bangkalan dan Madura.

“Kami berharap adanya sinergitas dari pemerintah daerah dan Forkopimda, terutama dalam upaya penyampaian informasi berbagai kegiatan, sehingga teman-teman awak media televisi ini bisa ikut dalam upaya penyebaran luasan informasi baik dari pemerintah kepada masyarakat maupun dari masyarakat pada pemerintah,” pungkasnya. (ari/ris).

Email Autoresponder indonesia