Personel Satgas Covid-19 Sanksi Pelanggar Disiplin Prokes

681 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Dalam melakasanakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, di Kabupaten Bangkalan.

Personel Satgas covid-19, yang terdiri dari personil gabungan meliputi TNI-Polri dan Satpol PP melakukan oprasi disiplin masker di tengah keramaian. Tujuannya dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dan sosialiasi peraturan inpres agar dipatuhi.

Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra mengatakan, adanya Inpres no 6 tahun 2020 dan Perbub Bangkalan no 63 tahun 2020. Maka kita harus memberikan ketegasan dalam pemberian sanksi sosial kepada para pelanggar.

“Sanksi ini dengan tujuan agar masyarakat sadar menggunakan masker. Kita ketahui bersama, ancaman Covid-19 dapat tertular kalau tidak menggunakan masker,”ujarnya usai apel, di halaman Mapolres Bangkalan. Jumat, (28 Agustus 2020).

Rama sapaan akrab Kapolres Bangkalan menyampaikan, Inpres tersebut tidak hanya mutlak mengeluarkan sanksi. Tetapi juga ada langkah untuk memadukan kesepakatan dari bermacam elemen-elemen masyarakat. Serta menindaklanjuti peran pemerintah daerah dalam menentukan sanksi dan penindakan dengan menggunakan kearifan lokal.

“Untuk teknisnya bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker sudah disiapkan formulirnya untuk pengisian data dan sanksi sosial penindakan ditempat,”ucap Rama.

Labih lanjut, kata Rama, apabila masyarakat yang sudah terjaring tidak memakai masker maka akan di lakukan tindakan sanksi.

“Selama pelaksanaan kegiatan penindakan dilakukan dengan cara persuasif dan humanis terhadap masyarakat yang tidak memakai masker serta pemberian masker kepada masyarakat yang tidak memakai,”ujarnya.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat benar-benar sadar akan pentingnya protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”imbuhnya.

Diketahui, kegiatan penertiban tersebut dilakukan didua lokasi yakni Pecinan Jalan Panglima Sudirman dan Tom and Jerry Jalan Jokotole Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. (Ris).

Email Autoresponder indonesia