Perubahan Iklim, Puluhan Anak Di Bangkalan Terserang DB

674 views

puluhan anak terserang DB     | oleh : A.Shohib

pasien DB saat di rawat di RSUD Syamrabu Bangkalan-Foto : A.Shohib/MC.com

pasien DB saat di rawat di RSUD Syamrabu Bangkalan-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com, Bangkalan -Dalam satu bulan terakhir, jumlah penderita Demam Berdarah di kabupaten Bangkalan terus meningkat, dari data di RSUD Syarifah Ambami Rato ebu (Syamrabu)  Bangkalan dalam bulan Maret ini ada 40 orang anak positif DB. “Dalam Bulan Maret ini, jumlah penderita DB yang menjalani rawat inap disini ada 40 anak,” terang Kepala Ruangan Irna E RSUD Syamrabu, Halimatus, Jumat (29/03).

Namun lanjut dia, dari jumlah tersebut saat ini pasien DB yang masih menjalani rawat inap di ruang Irna E ada 7 orang pasien. “Totalnya 8 orang pasien, namun yang satu orang masih suspec DB dan 7 orang lainnya positif DB,” jelas Halimatus.

Terpisah, wakil direktur RSUD Syamrabu, Badrus Zaman mengatakan, untuk mengantispasi membludaknya pasien karena pergantian iklim, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan masalah pelayanan terhadap pasien. “Kalau tempat tidur cukup, begitu juga dengan para petugas mulai dari Dokter hingga perawat tidak ada masalah,” kata Badrus Zaman.

Dijelaskan dia, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya telah menanamkan kepada semua petugas di RSUD Syamrabu untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. “Kepada petugas kita tanamkan agar dalam melayani pasien itu, selalu ramah,” tutur Badrus Zaman.
Sementara itu, Kepala dinas Kesehatan Bangkalan, dr Mohammad Aziz melalui Kabid Pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan (P2PL), Miftahul Arifin menjelaskan, tiga bulan terakhir ini, penyakit DBD di bangkalan trendnya sudah mulai menurun. “Dirediksikan bulan Mei nanti, DB sudah ngak ada,” tutur Miftahul Arifin.

Dijelaskan Miftahul Arifin untuk mengantisipasi mewabahnya penyakit DB, begitu terjadi kasus di satu daerah, pihaknya langsung melakukan survelen. “Daerah yang ada kasus DB kita langsung melakukan pendataan, kemudian kita lakukan foging atau pengasapan,” kata Arifin panggilan akrabnya.
Dari data yang ada di RSUD Syamrabu Bangkalan, jumlah penderita DB dalam tiga bulan terakhir ini ; bulan Januari 137 orang, Pebruari 85 dan bulan Maret 40 orang. (min).

Email Autoresponder indonesia