Bupati Bangkalan Sediakan Rumah Subsidi Bagi MBR Termasuk THL di Bangkalan

Bangkalan, Maduracorner.com, Tenaga Harian Lepas (THL) tak perlu bingung untuk memiliki rumah impian. Pasalnya, Bupati Bangkalan sudah menandatangani nota kesepakatan dengan pihak Bank BTN dan Perumahan Wisma Pangeranan Asri untuk memberi peluang bagi THL mengambil rumah subsidi.

Sementara itu General Manager Perumahan Wisma Pangeranan Asri. Bambang Slamet Utomo mengatakan, penandatanganan nota kesepakatan yag dilakukan sejatinya merupakan ikhtiar bersama, guna mendorong peningkatan  kesejahteraan, dan kemajuan di Kabupaten Bangkalan. Dalam MoU tersebut, ada tiga pihak yang dilibatkan. Pertama, Pemkab bangkalan sebagai menyedia user, Bank BTN sebagai pemberi kredit untuk masyarakat berpengahasilan rendah (MBR), dan PT. Suryagraha Pusaka Nusa sebagai penyedia Rumah.

“Kami siapkan 200 unit untuk rumah subsidi bagi THL dan PNS Bangkalan, semntara untuk tahap 1 ini kami siapkan 20 rumah, ” ungkapnya.

Untuk itu, kata Bambang, kerja sama yang dijalin melalui penandatanganan nota kesepakatan dengan PT. Suryagraha Pusaka Nusa yang dilakukan beberapa waktu lalu, merupakan salah satu wujud kepedulian Pemda akan hal itu.

“Dengan kehadiran kerja sama ini, maka kedepannya diharapkan akan dapat membantu dan memberikan kemudahan bagi para THL Pemkab Bangkalan, dalam memiliki rumah bersubsidi. Hal ini juga merupakan bentuk perhatian dari pemerintah,” katanya.

Bambang menjelaskan uang muka untuk satu unit sebesar 5% dari harga jual. Rumah yang disediakan terdiri dari beberapa tipe rumah mulai dari tipe 24 hingga tipe 36 .

Dia menjelaskan, dua syarat yang perlu diperhatikan oleh pembeli. Pertama, pembeli harus memiliki surat pengantar dari desa bahwa belum memiliki rumah sendiri. Kedua, rumah bersubsidi hanya diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MPR) dengan gaji maksimal 4 juta.

Bambang mengungkapkan, Saat ini tinggal memberikan kabar baik bahwa program bupati untuk menyediakan rumah subsidi bagi pegawai THL sudah realisasi.

“Diawali dengan user atas nama ibu Jamilah dan dia berterima kasih sekali bahwa program Bupati akhirya terwujud, walaupun prosesnya agak lama, kuncinya sabar dan berdo’a. PT. hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada user yàng telah sabar dan telaten dalam melengkapi berkas yang dibutuhkan pihak perbankkan, sekali lagi selamat sudah bisa mendapat rumah bersubsidi dari pemerintah khususnya pemkab bangkalan yang dirilis Bupati bangkalan bisa terlaksana,” ucapnya.

Sementara itu, Pegawai THL yang bekerja di Pemkab Bangkalan, Jamilah menyampaikan terimkasih atas program rumah subsidi tersebut. Saat ini, dia sudah memegang kunci dan bisa menempati rumah tersebut.

“Kemarin sudah realisasi dan sudah menerima kunci rumah. Alhamdulillah sudah bisa ditempati. Kami ucapkan terimkasih atas kemudahan ini,” ungkapnya. (Ris)

Email Autoresponder indonesia