Perusahaan Di Madura Masih Banyak Nunggak Jamsostek

640 views

Nunggak pembayaran Jamsostek     | Oleh   : A.Shohib

 

Kepala Cabang Jamsostek Madura, Didin Haryono-Foto : A.Shohib/MC.com

Kepala Cabang Jamsostek Madura, Didin Haryono-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Perusahaan di Madura ternyata masih belum memperhatikan kesejahteraan karyawan atau pekerjanya, hal itu terlihat dari banyaknya Perusahaan di Madura yang masih menunggak pembayaran Jamsostek karyawannya. “Nunggak Jamsostek itu karena kesadaran Pengusaha di Madura terhadap karyawannya masih rendah,” terang Kepala Cabang Jamsostek Madura, Didin Haryono, Rabu (27/03).

Dijelaskan Didin, di kabupaten bangkalan ada sebanyak 231 perusahaan, 47 perusahaan  non aktif, 102 perusahaan rajin membayar jamsostek untuk karyawannya. ”Sebanyak   82 perusahaan yang nunggak dan  ngak pernah bayar Jamsostek,” jelasnya.

Sedangkan di  kabupaten Sampang kata Didin, ada 51 perusahan, yang aktif membayar 20 perusahaan, 13 perusahaan non aktif dan 19 perusahaan masih nunggak pembayarannya.  “Coba di kabupaten sampang yang sebesar itu hanya ada 51 perusahaan yang mendaftarkan pekerjanya untuk mendapat jaminan dari Jamsostek,” tutur Didin.

Untuk Kabupaten Pamekasan lanjut Didin, ada seabnyak 155 Perusahaan, 32 perusahaan non aktif, 58 perusahaan yang rajin dan aktif membayar jamsostek dan 65 Perusaahaan masih nunggak. Sementara di kabupaten Sumenep, ada  113 perusahaan, 23 perusahaan non aktif, 36 perusahaan masih nunggak dan 54 perusahaan yang rajin. “Kalau di rata rata, di Madura ini masih jauh dari kesadaran Pengusaha yang memperhatikan karyawannya,” tukas Didin.

Belum sadarnya pengusaha akan kesejahteraan karyawannya kata Diidin, disebabkan karena sosialissasi yang kurang baik dari Jamsostek maupun dari Perusahaan, penegakan hukum ketenaga kerjaan yang masih.  Lemah, dan kesadaran pengusaha yang masih. Kurang.

Oleh sebab itu kata Didin, agar suapay Pengusaha di Madura melindungi para pekerja dengan Jamsostek, maka pihaknya akan melakukan pendekatan kepada para kiai di Madura, Pemda sebagai pemangku jabatan, para pengusaha, serikat Pekerja, LSM dan Media massa. “Pers ini adalah ujung tombak dari 4 pilar untuk pengembangan Jamsostek di Madura,” kata Didin.

Terpisah, Kadinsosnakertrasn Bangkalan, Siswo Irianto, mengatakan, pihaknya mengapresiasai dan mendukung langkah yang akan dilakukan PT Jamsostek Cabnag Madura. “Jelas kita apresiasi dan kita saling mendukung, yang nanti akan menjadi yang terbaik kepada. Semua pihak, baik pengusaha maupun pekerja,” kata Siswo Irianto.

Oleh sebab itu kata Siswo Irianto, pihaknya akan memberikan surat  himbauan kepada semua perusahaan yang ada di kabupaten Bangkalan untum memberikan perlindungan kepada karyawannya dengan Jamsostek. “Kalau data yang update di sini (bangkalan Red) ada 194 perusahaan, ya nanti kita (pemerintah) akan menyediakan fasilitass yang  sifatnya dua arah, yaitu untuk.Pekerja dan perusahaan,” pungkas Siswo Irianto. (min).

Email Autoresponder indonesia