Petakan Bencana, LPBI-NU Sampang Latih 40 relawan

443 views
image

Para relawan di brifing sebelum turun ke lapangan

Sampang,Maduracorner.com-. Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI-NU)  terus memantangkan rencana pemetaan bencana yang kerap terjadi di Kabupaten Sampang, terutama bencana banjir.

Salah satunya dengan cara memberikan pelatihan pemetaan lapangan bencana terhadap 40 relawan dari berbagai unsur, seperti BPBD Sampang, PC LPBINU Sampang,  Pramuka, PMI, Pecinta Alam Ghubatras Unijoyo, PC PMII Sampang , Tagana serta stakeholders dinas terkait. Mulai tanggal 19-21 januari di gedung PCNU jalan Diponegoro Sampang, dengan pemateri dari Australia Indonesia Facility For Disester Reduction (AIFDR)

Menurut Katua LPBI-NU  Hasan Jailani, Puluhan relawan tersebut nantinya yang akan melakukan pemetaan Das kali kemuning dengan cara  mengambil data secara langsung ke lapangan dengan sistem open street map (OSP). Dengan melakukan survei kelapangan secara langsung diharapkan mampu memetakan dareah rawan bencana seperti banjir, puting beliung, tanah longsor dan kekeringan.

“Kita duduk bareng-bareng kumpul memetakan daerah bencana di 14 Kecamatan dan186 desa” terang pria yang akrab dipanggil Mamak. Senen (19/01/2015).

Mamak mengharapkan, dengan adanya peta bencana nantinya bisa berfungsi sebagai backc up data untuk menganalisa dan mengurangi resiko bencana. Sehingga lebih mudah dalam menangani bencana dan tidak tumpah tindih dalam penangan baik soal evakuasi maupu logistic.

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor   : Sohib