Petani Garam Kwanyar Berharap Kemarau Lebih Panjang

792 views
tampak garam produk kecamatan Kwanyar tak lama lagi siap dipanen. foto : lazama/mc.com

tampak garam produk kecamatan Kwanyar tak lama lagi siap dipanen. foto : lazama/mc.com

Aktivitas Tambak Garam Kwanyar Mulai Menggeliat | oleh : Lazama

Maduracorner.com, Bangkalan – Sejumlah lahan tambak garam mulai digarap para petani di desa Pesanggrahan kecamatan Kwanyar. Inisiatif para petani garam ini muncul menyusul tak adanya hujan selama beberapa pekan terakhir. Bahkan saat ini saja, sudah tampak timbunan kristal garam di beberapa lokasi tambak garam di desa Pesanggarahan.

Jika kondisi tanpa hujan ini stabil, maka panen akan bisa berlangsung hingga Nopember mendatang.

Sebagaimana yang diprediksi H. Riyadi, salah seorang pemlik tambak. Dia pun berharap agar masa kemarau akan berjalan lebih panjang.

“Alhamdulillah sudah mulai panen lagi. mudah-mudahan cuaca bisa stabil. Karena penghujan lalu molor hingga Juni, kemungkinan kami bisa panen hingga akhir bulan Nopember,” ujarnya saat ditemui Maduracorner.com.

Mengenai kualitas, Riyadi meyakinkan bahwa kualitas garam dari tambak di kawasan pantai selatan kabupaten Bangkalan itu tidak kalah dari tambak-tambak di daerah lain di pulau Madura.

“Kalau masalah kualitas sama saja mas. Karena pekerja saya juga mayoritas berasal dari Sumenep yang sangat terkenal sebagai penghasil garam,” pungkas Iri-sapaan akrab pria paruh baya tersebut.(laz/krs)

Email Autoresponder indonesia