Petani Garam Tanjung Bumi Sudah Mandiri

653 views

Mulai produksi garam sendiri I Oleh : Agus Budi

Maduracorner.com, Bangkalan – Kemandirian para petani garam di Kabupaten Bangkalan sudah mulai terlihat. Salah satunya petani garam di Desa Talangoh Kecamatan Tanjung Bumi. Dimana mereka mampu memproduksi garam sendiri dan sekaligus di pasarkan dalam bentuk kemasan.

“pabrik garam di desa talangoh, awalnya berasal dari Koprasi Garam dan yang membeli adalah para kelompak tani,” ujar kepala dinas Kelautan dan Perikanan Bangkalan melalui Kepala Bidang Budi Daya Perikanan, Nur Laila MM, (17/7).

Setelah mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan daerah, sambung Laila, mereka bisa membuat pabrik atau unit pengolahan garam. “Lengkap dengan alat produksi dan pemasaran serta gudang penyimpanan,” ungkapnya.

Namun dalam memproduksi garam, mereka belum memiliki merek yang paten. Sebab untuk memperoleh merk dagang harus melalui uji coba dinkes dan BPOM serta Izin kesehatannya.

“Setelah proses produksi jelas, kita akan buat merek, namun ini butuh dukungan dari seluruh instansi terkait,” paparnya.

Laila berharap dengan adanya pabrik garam di desa Talangoh. Kesejahteraan para petani garam bisa meningkatkan. Karena mereka tidak menjual bahan mentah namun bahan jadi siap konsumsi.

“Yang jelas harga jualnya lebih mahal dari pada masih dalam kondisi mentah,” pungkasnya (gus/shb)

Email Autoresponder indonesia