Petugas Pertanian dan Petani Basmi Hama Keong Mas

915 views
image

Petugas Pertanian dan Petani Basmi Hama Keong Mas

Bangkalan, maduracorner.com – Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bangkalan, bersama petani membasmi hama keong mas yang menyerang tanaman padi di Desa Burneh.

“Kami arahkan petani untuk mengambil kelompok telur keong yang ada di lahan,” jelas Koordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Provinsi Jatim Dinas Pertanian dan Peternakan Bangkalan, Agus Irianto, Sabtu (30/4/2016).

Selama ini sambung Agus petani hanya memunguti keong saja. Padahal, yang berkembang biak adalah kelompok telur keong mas. Dalam satu kelompok telur bisa melahirkan 250 sampai 300 keong.

“Jadi mengambil satu kelompok telur sama dengan membunuh ratusan keong,” imbuhnya.

Menurutnya, paling efektif pengendalian hama keong menggunakan cara manual. Menggunakan pembasmi hama pestisida hasilnya tidak maksimal. Sebab, menyemprotkan pestisida dapat membahayakan tanaman padi.

“Cara manual seperti meletakkan daun pepaya di pagi hari dan sore hari kita ambil. Selain itu kita menanam pasak untuk dijadikan tempat kong bertelur,” jelasnya.(Heriyanto Ahmad)

Email Autoresponder indonesia