Pilgub Jawa Timur, Pasangan Gus Ipul-Puti Peraih Suara Terbanyak di Bangkalan

KPU Bangkalan saat menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan tahun 2018.

Hasil rekapitulasi mulai tingkat kecamatan hingga kabupaten yang dituangkan dalam berita acara atau formulir DA1-KWK itu, menetapkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Sukarno (Gus Ipul-Puti) sebagai peraih suara terbanyak dalam Pemilihan Gubernur (Pillgub) Jawa Timur.

“Pasangan nomor urut 2, Gus Ipul-Puti memperoleh dukungan sebanyak 271.088 suara atau 51 Persen, dan pasangan nomor urut 1, Khofifah-Emil sebanyak 261.467 suara atau 49 persen,” jelas Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar, Rabu (4/7/2018).

Menurutnya, selisih kemenangan Gus Ipul-Puti dengan Khofifah Emil sebanyak 9.621 suara. Hal itu, mengacu pada 561.051 jumlah total surat suara dalam Pilgub Jawa Timur yang tersebar di 18 kecamatan. Rinciannya, 532.555 suara sah dan 28.496 suara tidak sah.

“Jadi pasangan Gus Ipul unggul 0,9 persen atas pasangan Khofifah-Emil,” imbuhnya.

Disinggung terkait saksi pasangan Gus Ipul-Puti yang mengajukan keberatan dengan mengisi formulir DB2-KWK, Fauzan menyatakan tidak ada kaitannya terhadap proses pemungutan suara maupun rekapitulasi hasil penghitungan suara.

“Keberatan yang disampaikan itu, masalah adanya indikasi pengerahan petugas Program Keluarga Harapan (PKH),” tandasnya. (*)

Penulis : Riyan Mahesa

Editor : Ahmad