Pilihan Jawaban E Pada LJU Tidak Ada, UN Mapel Bahasa Inggris Ditunda Selama 30 Menit

siswa saat kerjakan UNAS-foto: Aryan/MC.com

siswa saat kerjakan UNAS-foto: Aryan/MC.com

Informasi Langsung Dari Disdik Jatim |Oleh : Aryan

Maduracorner.com, Bangkalan – memasuki pelaksaaan Ujian Nasional (UN) pada hari terakhir ini, Pelaksanaan UN dengan mata pelajaran Bahasa Inggris di SMAN-4 Bangkalan yang sudah berjalan sekitar 5 menit terpaksa dihentikan dan tertunda lebih kurang selama 30 menit. Penundaan itu disebabkan karena pada materi soal ujian Bahasa Inggris terjadi ketidak cocokan antara pilihan option materi ujian dengan lembar jawaban ujian (LJU).

“Jam pertama dengan materi soal bahasa Inggris yang sudah berjalan sekitar 5 menit itu, terpaksa kami hentikan dan ditunda hingga 30 menit lamanya. Karena antara pertanyaan soal dan option E di LJU tidak ada,” ujar Kasek SMAN 4 Bangkalan, Niniek Juwarijah melalui Wakasek Kurikulum, SMAN 4 Bangkalan, Moh Fauzi, Rabu, (16/4).

Dia menjelaskan, pengerjaan materi soal bahasa Inggris itu dihentikan, setelah sekolah menerima telepon dari Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Irianto, terkait tidak adanya option E di LJU bahasa Inggris tersebut. “Sekolah diminta untuk menjelaskan kepada semua peserta UN 2014 agar tidak risau dan resah dalam menjawab soal -soal. Artinya, jika pada LJU tidak ada option E, maka peserta UN yang akan menjawab dan memilih option E diminta menulis jawaban secara manual dengan memakai pensil disebelah option D,” terangnya..

Hal senada juga disampaikan kasek SMAN 1 Arosbaya, Jumali, disebutkan peserta UN di sekolahnya yang berjumlah 312 siswa di jam pertama dengan mata pelajaran Bahasa Inggris juga sempat di tunda selama 30 menit. “Sesuai kesepakatan bersama tim pemantau independen (TPI) dari perguruan tinggi (PT) terkait LJU yang tidak ada option E. Sekolah akan membuat berita acara materi soal bahasa Inggris, dengan penjelasan jika siswa hendak menjawab option E maka siswa diperkenankan menulis jawaban dengan cara manual dan memakai pencil disebelah option D,”kata Jumali.

Sementara itu,Kepala Dinas pendidikan Bangkalan, Moh Mohni dikonfirmasi melalui Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Kabupaten Bangkalan, Risman Iriyanto membenarkan, jika Disdik Bangkalan sebelum menyampaikan masalah tidak adanya option E di LJU kepada para penyelenggara UN SMA 2014 diseluruh Kabupaten Bangkalan. Setelah secara resmi mendapat pemberitahuan dari Disdik Provinsi Jatim, agar persoalan itu dijelaskan oleh masing-masing pihak penyelenggara kepada semua peserta UN SMA 2014.

“Apabila ada yang memilih jawaban option E, siswa tetap menjawab di LJU yang ada, secara manual di samping option D, nanti tim scaning akan mengganti dan memindahkan di LJU yang normal. Jadi siswa tidak perlu resah dan risau jika peserta UN ada yang memilih jawaban option E,” papar Risman Irianto. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia