Pilkasis MAN Model Bangkalan,dikemas seperti Pemilukada

842 views

tampak para calon Ketua OSIS MAN bangkalan yang akan berlaga dalam Pilkasis hari Sabtu Lusa-Foto: Amin Sohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – ada saja cara yang dilakukan sekolah untuk memberikan pendidikan politik kepada anak didiknya. Seperti yang dilakukan oleh MAN Model Bangkalan dalam pemilihan Ketua OSIS (Pilkasis), pelasanaanya dikemas seperti Pemilihan Kepada daerah (Pemilukada). “Pilkasis di Man Model ini merupakan minatur pemilukada Bangkalan,” terang Kepala Sekolah MAN Model Bangkalan, Fathurrokhman disela-sela acara pembukaan tahapan Pemilihan Ketua OSIS, Kamis (18/10).

Pelaksanaan Pilkasis MAN Model bangkalan ini prosesnya sama seperti pelaksanaan pemilukada, dimana ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh bakal calon ketua OSIS, sebelum ditetapkan maju menjadi calon Ketua OSIS. “Dalam Pilkasis ada KPU-nya, ada Panwas-nya, ada kampanye. pokoknya prosesnya sama seperti pilkada,” tutur Fahurrohman.

Dijelaskan dia, sebelum maju menjadi calon ketua osis, bakal calon harus memenuhi persyaratan serta lolos verifikasi yang dilakukan oleh KPU. “Jadi  anak-anak yang maju menjadi calok Ketua ini, adalah anak-anak pilihan, lolos dari BK artinya anak yang akan maju ini adalah anak yang tidak bermasalah, termasuk nilai raport juga menjadi salah satu persyaratannya,” jelas Fathurrokhman.

Disamping itu, kata Fathurrokhman, bakal calon Ketua OSIS yang akan maju dalam pilkases harus didukung oleh partai yang ada di sekolah, dimana di MAN Model ini ada tiga partai. Ketiga partai itu adalah Partai Persatuan Pelajar (P3M), Partai Cakra Tirta (PCT) dan Partai Persatuan siswa. “Ya yang bikin partai itu,  ya para siswa,” katanya.

Lebih lanjut Fathurrohkman menjelaskan, dalam pelaksanaan pemilihan Pilkasis ini, ada tiga pasangan calon yang diusung oleh ketiga partai tersebut. Ketiga pasangan calon itu adalah Yulia Safitri dan Ilham Maulan, pasangan ini diusung oleh P3M, pasangan Kholilurrohan dan Rizki Al Bir diusung oleh PCT dan pasangan Lutfi-Fadilaturr diusung oleh PPS.

Tahapan pertama yang harus dilalui para calon, kata Fathurrohkman pada hari pertama adalah tahapan debat kandidat dan kampanye, hari berikutnya adalah ahri tenag dan dilanjutkan dengan  pelaksanaan pemilihan Ketua Osis. “Pelaksanaan pemilihannya nanti hari Sabtu, hari jum;at besok (hari ini red) adalah hari tenang,” tutur Fathurrohkman.

Dikemasnya pemilihan ketua Osis seperti pelaksanaan pemilukada itu, atas usulan guru mata pelajaran PKN. “Karena dinilai bagus dalam memberikan pendidikan politik kepada  anak-anak ya kita akomodir, dan ketika nanti para siswa sudah terjun ke masyrakat, tidak kaget lagi,” pungkas Fathurrohkman. (min).

Email Autoresponder indonesia