PLN Bangkalan di Pusingkan Layangan Raksasa Yang sering Bikin Listrik Padam

Tampak petugas PLN saat menurunkan layangan raksasa yang sering membuat listrik padam-Foto: Amin Sohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– PLN rayon Bangkalan dipusingkan dengan layangan Raksasa yang sering membuat Listrik padam secara tiba-tiba. Dalam satu minggu terakhir ini,  PLN telah mengamankan sedikitnya 140 layangan raksasa jenis Weng Uwengan. “Gara-gara layangan listrik sering padam, rata-rata listrik padam disebabkan layangan itu terjadi pada tengah malam disaat angin tidak ada,” terang Manager PLN Rayon Bangkalan, Mulyono, Jum’at (14/09/2012).

Dijelaskan dia, listrik tiba-tiba padam karena layangan jatuh dan mengenai kabel listrik yang terbuka. “Pada system jaringan saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) itu ada tiga kawat yang tidak terbungkus, maka secara otomatis ketika layangan jatuh dan mengenai kawat listrik terjadilah kosleting yang menyebabkan proteksi di gardu induk bekerja dan menyebabkan listrik padam,” jelas Mulyono.

Maka dari itu kata Mulyono, untuk menghindarai listrik padam karena layangan raksasa, maka saat ini PLN Rayon Bangkalan berupaya melakukan pergantian kabel yang tidak terbungkus itu dengan kabel semi terbungkus. “Secara tehnis, kita secara bertahap menganti kabel SUTM dengan kabel semi terbungkus,” tuturnya.

Disamping itu lanjut Mulyono, agar listrik tidak selalu padam karena  layangan, PLN juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak dalam menyalurkan hobynya tidak menganggu menganggu masyrakat yang lainnya.
Sebab imbuh Mulyono, listrik sering padam karenan layangan ini sangat menganggu dan sangat bertentangan dengan upaya PLN untuk mengurangi pemadaman listrik. “Jelas ini sangat menganggu kinerja PLN,” paparnya.

Ratusan layangan raksasa itu diamankan oleh petugas PLN rayon Bangkalan dari berbagai kecamatan di kabupaten Bangkalan diantaranya dari Kecamatan Socah, Tragah dan kecamatan Arosbaya. Layangan tersebut diserahkan ke distribusi PLN Jawa Timur. (min).

Email Autoresponder indonesia