PMU Dipaksa Takluk Di Depan Pendukungnya Sendiri

427 views
sesaat sebelum kick off PMU kontra Persebaya di SGB. foto : krism/mc.com

sesaat sebelum kick off PMU kontra Persebaya di SGB. foto : krism/mc.com

Bajul Ijo Menggunduli PMU Dengan Skor 1-4 | oleh : krism

Maduracorner.com, Bangkalan – Laskar Sapeh Kerap Persepam Madura United (P-MU) kembali takluk atas lawannya. Bahkan untuk kali kedua berturut-turut setelah kekalahan atas Persela Lamongan belum lama ini, PMU kembali kalah skor telak dengan selisih lebih dari 2 gol. Seperti yang terjadi pada laga Jumat (14/3) tadi sore, di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), anak buah Daniel Roekitu dipaksa tunduk oleh tim rival derby Suramadu, yakni ‘Bajul Ijo’ Persebaya Surabaya.

Memang, pada pertandingan sore tadi, tim loreng putih-merah P-MU tidak turun dalam skuad terbaiknya. Dua pemain kunci P-MU tidak bisa diturunkan karena dibekap cedera, yakni sang maestro sekaligus kapten tim, Zainal Arif dan winger gesit Michael Orah.

Alhasil, lemahnya sisi sektor kiri pertahanan PMU ini kerap menjadi awal petaka bagi kiper Gerri Mandagi. Terbukti, pada menit 10, serangan balik cepat yang dimotori Hasyim Kipuw, winger Persebaya kerap membahayakan pertahanan. Bahkan dalam sebuah kesempatan dia berhasil melewati kawalan Aditya Putra Dewa, sehingga berhasil merangsek dan menyodorkan terobosan bola daerah kepada Emmanuel Kemdong. Celakanya, terobosan apik tersebut membuat Gerri harus berhadapan langsung dengan striker berkepala plontos itu. Dengan sedikit gerapan menipu, Kemdong berhasil mengecoh kiper PMU. Namun sayang, saat hendak menendang bola ke gawan, gerri memaksa jatuh Kemdong di area kotak penalti. Wasitpun menunjukk titik putih.

Dan misi itu terbayarkan, Alvin yang menjadi eksekutor seakan tak ingin kehilangan kesempatan. Hadiah penalti tuntas dibayarkan oleh Alfin Tuasalammony membuat timnya unggul lebih dulu dengan skor 0-1 pada menit ke -12. Tertinggal, Daniel Roekito mencoba peruntungan lain dengan menarik keluar Rossi dan diganti dengan pemain tengah yang bertipikal pekerja keras, Isaac Djober. Sayangnya, upaya substitusi itu belum cukup ampuh menambah daya gedor PMU.

Justru tim tamu kembali memperlebar jarak keunggulan dengan hadirnya gol kedua di menit ke-26 oleh Emmanuel Kemdong. 10 menit kemudian, bajul ijo kembali menambah keunggulan lewat torehan M. Ilham  menyambut umpan tarik Kemdong. Gerri Mandagi kembali dipaksa memungut bola dari dalam gawangnya sendiri. Baru semenit kemudian, tuan rumah memperkecil jarak menjadi skor 1-3 lewat tendangan deflected Jose Jara Gonzales. Sebelum rehat turun minum, anak asuhan coach Rahmad Darmawan kembali memperlebar jarak kemenangan dengan 1-4, lagi-lagi melalui aksi brilian Kemdong yang menanduk rendah bola tarik Hasyim Kipuw.

Di babak kedua, tim tamu lebih bermain santai. Bahkan terkesan lebih defensif dengan hanya menyisakan duo striker Greg Nwokolo dan Kemdong di daerah pertahanan PMU. Aksi ini lebih menyulitkan bagi PMU. Bahkan dua kali pergantian pemain di babak kedua belum mampu membuat perubahan banyak. Skor 1-4 atas kemenangan tim tamu, bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit. (krs)