PMU Tahan Imbang Sang Juara Bertahan di Kandang Lawan

623 views
Zaenal Arif di Tengah Kepungan Pemain Persipura . foto : PT Liga Indonesia

Zaenal Arif di Tengah Kepungan Pemain Persipura . foto : PT Liga Indonesia

 

Persipura 2 vs 2 Persepam Madura United | Oleh Mamad el Shaarawy

maduracorner.com, Papua – Persepam Madura United (PMU) akhirnya mampu merebut 1 poin dari lawatannya di bumi Papua. Anak asuh coach Daniel Rukito tersebut berhasil menahan imbang 2-2 Persipura Jayapura di Stadion Mandala Jayapura, jumat sore (7/2). Kedua gol skuad Laskar Sapeh Kerap dipersembahkan Rossi Noprihanis dan Ade Suhendra.

Pada laga kedua ISL musim 2014 ini, Persipura mendominasi permainan sejak menit awal. Umpan dari kaki ke kaki hingga memanfaatkan keunggulan mereka di sektor sayap seringkali dilakukan.  Meski begitu, PMU mampu memberikan perlawanan cukup bagus. Lini belakang mereka mampu tampil disiplin sehingga pergerakan lini depan Persipura selalu bisa diantisipasi.

Namun gol tim lawan akhirnya datang juga pada menit 27. Berawal dari umpan silang Ruben Sanadi, Ian Louis Kabes mampu mengkonversikannya menjadi gol lewat tendangannya yang terarah. Bola pun menghujam gawang PMU yang dikawal Gerry Mandagi. Skor 1-0 ini pun bertahan hingga jeda babak I.

Pada babak II, pemain PMU secara perlahan bangkit. Meski masih terus didominasi Persipura, namun para pemain PMU mulai bisa mengembangkan permainannya. Selain membantu pertahanan, lini tengah PMU juga mampu melakukan serangan dengan baik dengan mengalirkan umpan-umpan matang ke lini depan. Mereka pun menerapkan gaya main serangan balik cukup efektif. Berkali-kali upaya serangan mereka membuat lini belakang lawan kelimpungan.

Di samping itu, coach Daniel Rukito tetap menginstruksikan para pemain belakangnya agar tidak meninggalkan posnya. Hal ini terlihat dari pergerakan Michael Orah dan Aditya Putra Dewa yang disiplin di posisinya masing-masing.

Strategi counter attack PMU akhirnya membuahkan hasil. Lewat sebuah serangan balik, Rossi yang menyisir dari sisi sayap, merangsek ke tengah. Dengan tenang, ia langsung menendang bola dan menghujam sisi kanan gawang Persipura yang dikawal Yoo Jae Hoon. Skor berubah menjadi 1-1 pada menit 77.

Namun rupanya, skor imbang tersebut tak bertahan lama. Pada menit 80, Lukas Mandowen mencetak gol lewat tendangan keras setelah menerima umpan crossing yang matang  dari sisi kanan pertahanan PMU. Gol Mandowen tersebut menjadikan skor 2-1 untuk tuan rumah.

Meski begitu, skuad Laskar Sapeh Kerap tetap memberikan perlawanan spartan lewat strategi counter attack mereka. Mereka kembali mampu menyamakan kedudukan pada menit 88. Berawal dari sepakpojok dari sisi kanan, bola memantul secara liar ke luar kotak penalti lawan. Ade Suhendra yang berlari dari belakang, langsung menghujamkan bola tersebut. Tendangan keras ini pun menjadikan skor berubah 2-2 hingga peluit akhir dibunyikan wasit. (mad)

 

Susunan Pemain

Persipura
: Yoo Jae Hoon; Andri Ibo, Bio Pauline, Ruben Sanadi, Gerald Pangkali (53′ Lukas Mandowen), Imanuel Wanggai (59′ Nelson Alom), Ian Louis Kabes (C), Lim Jun Sik, Yustinus Pae, Ferinando Pahabol, Titus Bonai (75′ Ricky Kayame).

Cadangan: Dede Sulaiman, Dominggus Fakdawer, Daniel Tata, Nelson Alom, Isaak Wanggai.

Persepam: Gerri Mandagi; Aditia Putra Dewa, Abu Bakar Silah, Fachrudin Wahyu, Michael Orah, Rossi Noprihanis, Jose Jara Gonzales, Slamet Nurcahyo, Busari (63′ Ade Suhendra), Zaenal Arif (C), Silvio Escobar.

Cadangan: Saifudin, Achmad Rivai, Isaak Y.M. Djober, Denny Rumba.

 

Email Autoresponder indonesia