Poktan Bakal Diverifikasi Karena Masa Berlaku Sertifikat Habis

911 views
image

Kadisperta Sumenep, Bambang Heriyanto

Sumenep, maduracorner.com –  Sebagian Kelompok Tani (Poktan) yang masa berlaku sertifikatnya habis pada bulan ini akan dilakukan verifikasi oleh Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, guna memastikan mana Poktan yang benar-benar valid dan masih aktif serta mana yang sudah non aktif.

Karena menurut Kadisperta Sumenep, Bambang Heriyanto, mengaku bahwa sebagian sertifikat Poktan berakhir bulan Juni ini, dan pasti kami segera lakukan verifikasi.

“Insyaallah bulan Agustus kita lakukan verifikasi, selain itu dalam proses verifikasi nantinya akan memperketat pemeriksaan pada beberapa dokumen administrasi, utamanya buku keuangan yang harus terdiri dari laporan simpanan wajib anggota, simpanan sukarela, kas umum, dan buku simpan pinjam,” ” kata Bambang Heriyanto.

Menurut Bambang hal itu untuk menghindari terjadinya poktan ganda, dirinya juga akan memperketat pada proses administrasi anggota.

“Verifikasi sekarang tidak seperti tahun sebelumnya yang masih menggunakan proses manual, dan saat ini pada administrasi anggota, tidak hanya kami minta foto copy KTP, melainkan harus menyertakan aslinya, selain itu, pada perangkat elektronik yang sudah kami sediakan poktan yang sudah terdaftar sebelumnya, akan muncul secara otomatis, jadi kemungkinan poktan ganda tidak akan terjadi,” jelasnya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan terkait banyaknya laporan adanya poktan yang disinyalir fiktif dan berakibat langkaan pupuk bersubsidi,
pihaknya berharap peran serta masyarakat untuk melaporkan.

“Oknum yang diketahui bermain dengan poktan, segera kasih tahu kami, pasti akan kami tindak tegas, asalkan sesuai dengan bukti yang pasti,” tegasnya.
                        

Penulis : Ari.                                 Editor : Gebril

Email Autoresponder indonesia