Poktan “Suka Akor” Kwanyar Panen Padi Hybrida Lebihi Target

Panen Padi Melebihi Target   |     Oleh :Aryan

panen Padi Hybrida di desa Pesangrahan Kwanyar-Foto : sumaryanto/MC.com

panen Padi Hybrida di desa Pesangrahan Kwanyar-Foto : sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Kelompok Tani (Poktan) Suka Akor di Desa Pesanggrahan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan, Selasa (26/3) melakukan panen padi perdana jenis benih Hybrida. Sebanyak 70 lebih petani dari 300 anggota Poktan Suka Akor merasa senang karena percobaan untuk pertama kalinya memakai benih jenis Hybrida hasilnya cukup sukses dan melebihi target Produksi.  “Kalau didaerah lain perhektarnya sekitar 4,5 – 5 ton. Tapi disini bisa mencapai 7,2 ton gabah kering per hektarnya,” Terang Mantri Tani Kecamatan Kwanyar, Abd.Bahar.

Menurut Bahar, kesuksesan Poktan Suka Akor itu tidak terlepas dari peran 4 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kwanyar dan ketaatan petani dalam mengikuti anjuran Dinas Pertanian Peternakan Kabupaten Bangkalan agar tidak mengurangi berbagai persyaratan, pemakaian obat-obatan dan pemberian pupuk sesuai takaran yang telah ditentukan. “Hasilnya ya ini, melebihi target dari dinas kami (Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan) yang semula 6 ton menjadi rata-rata antara 7- 7,2 ton gabah kering dalam setiap hektarnya.,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan  dan Pertanian Kabupaten Bangkalan, Puguh Santoso yang diwakili Kasie Program, M.Ridwan mengatakan, panen padi dari jenis Hybrida Masa Tanam (MT) 2012/2013 Poktan Suka Akor di desa Pesanggarahan Kecamatan Kwanyar ini, luas areanya sekitar 250 hektar dengan jumlah anggota sekitar 300 lebih. Masa panennya antara 3 – 4 bulan dan sangat tahan terhadap berbagai serangan hama sehingga sangat disukai petani. “Keberhasilan panen padi ini bisa dijadikan contoh bagi kelompok tani di desa dan kecamatan lainnya. Sekaligus sebagai tindak lanjut dinas kami membantu program bapak Bupati Bangkalan, R.K. Makmun Ibnu Fuad,SE dalam peningkatan produksi padi di Kabupaten Bangkalan,” pungkas  Ridwan. (yan/min)

Email Autoresponder indonesia