Polisi Selidiki Video Dugaan Kristenisasi di Bangkalan

1064 views

Foto bersama usai rapat tertutup membahas video dugaan upaya kristenisasi di Kabupaten Bangkalan. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Beredarnya video dugaan upaya kristenisasi yang viral di media sosial (medsos) tengah diselidiki Polres Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Proses penyelidikan ini, guna menentukan langkah hukum selanjutnya.

“Kita telusuri siapa yang membuat video itu, dan apa motifnya melalui penyelidikan serta pengumpulan bahan keterangan,” ucap Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan, Selasa (25/12/2018).

Dia mengatakan, beredarnya video pembaptisan tersebut sangat sensitif. Tentunya perlu penanganan cepat dan tepat, karena berpotensi menjadi bola liar yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibas).

“Hasil koordinasi dengan Muspida, tokoh agama Islam, maupun Kristen sepakat bahwa di video itu adalah perbuatan tidak benar, dan mempercayakan kepada proses hukum yang berlaku,” imbuh Boby.

Mantan Kasubdit III Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Ditreskrimum Polda Jawa Timur itu menuturkan, masyarakat harus mengetahui jika video yang dibuat oknum pendeta dari Jakarta tersebut menuai kecaman dari tokoh agama Islam, maupun Kristen.

“Sangat berbahaya kalau masyarakat sampai terprovokasi. Makanya, pernyataan sikap para tokoh agama yang sama-sama mengutuk harus diketahui masyarakat,” terangnya.

Boby memastikan situasi perayaan natal akan tetap berjalan dengan aman dan kondusif. Sehingga, umat kristiani di Kabupaten Bangkalan bisa melaksanakan ibadah secara khidmat tanpa adanya gangguan keamanan.

“Kami selalu koordinasi dengan semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kemanan natal,” tandas Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad

Email Autoresponder indonesia