Polisi Tembak Tahanan PN Bangkalan Karena Berusaha Kabur

2111 views

Maduracorner.com, Bangkalan, Terdakwa kasus tindak pidana Narkoba Budi Suyono (40) warga Bangkalan berusaha melarikan diri ketika hendak disidang di Pengadilan Negeri Bangkalan Kamis, (30/1/2020) siang. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 14:00 Wib.

Dakwaan yang diajukan kepada terdakwa dalam sidang itu tentang Pasal 114 ayat (1) Jo pasal 132 ayat 1 UU no.35 th 2009 narkotika atau Kedua : pasal 112 ayat 1 Jo pasal 132 ayat 1 UU no 35 th 2009 narkotika.

Namun sebelum sidang dimulai, terdakwa berusaha melarikan diri melewati pagar tembok Pegadilan Negeri Bangkalan yang pagar tembok itu dipasangi pecahan beling.

Ketua Pegadilan Negeri (PN) Bangkalan, Maskur Hidayat membenarkan kajadian terdakwa bernama Budi Suyono berusaha kabur dari pengawasan petugas sekitar pukul 14.00 WIB.

“Terdakwa berusaha melarikan diri ketika keluar dari tahanan PN menuju ruang sidang. Waktu itu, terdakwa berusaha kabur melalui pagar belakang gedung pengadilan. Meski diatas pagar ditempeli beling terdakwa berusaha melewatinya,” ujarnya, Kamis, (30/1/2020).

Menurutnya, terdakwa di beritindakan tegas dan terukur dengan dilumpuhkan kakinya. Karena ketika diberi peringatan terdakwa tidak mengindahkan peringatan petugas.

Ia juga menambahkan, terdakwa memang tidak diborgol sebab akan melaksanakan persidangan. Namun, dengan adanya kejadian tersebut, pihaknya akan lebih memaksimalkan pengamanan.

Akibat perilaku terdakwa berusaha melarikan dari jeratan hukum. Acara persidangan pemeriksaan terdakwa di pending sampai menunngu terdakwa kembali sehat.

“Kalau dalam posisi mau sidang memang tidak boleh diborgol, harus dalam keadaan posisi terbuka tangannya tapi kalau sudah mau masuk ke Rutan maka harus diborgol kembali. Dan persidangan untuk hari ini dibatalkan karena terdakwa dalam posisi terluka” ungkapnya.(tkn).

Email Autoresponder indonesia