Politik Memanas, Kapolres Jamin Pilkades Aman

1245 views
image

Satuan aparat TNI pada saat apel gelar pasukan pengamanan Pilkades di Lapangan Wijaya Kusuma Sampang

Sampang, maduracorner.com – Suhu politik pada H-1 Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak mulai memanas di beberapa desa. Diantaranya Desa Batu Porro Barat Kecamatan Kedungdung, yang informasinya akan dilakukan pemboikotan dan penolakan Pilkades oleh warga setempat.

Namun Kapolres Sampang AKBP Budi Mulyanto menjamin pelaksanaan Pilkades aman dan tidak ada desa yang berkonflik.

“Seluruh desa di wilayah hukum Polres Sampang Insyaallah aman semua. Kita jamin aman,” Selasa (27/10/2015) tegasnya.

Untuk itu, dirinya mengaku tidak akan melakukan penambahan pasukan karena dinilai situasinya masih kondusif. Namun jika ditemukan adanya gangguan Kamtibmas, dirinya akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 Tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian.

“Terkait tindakan kepolisian sudah diatur dalam Perkap nomor 1 tahun 2009, yakni tindakan preemptif, preventif dan represif. Teknisnya saya tidak bisa bicarakan disini dengan detail karena itu manajemen pengamanan,” jelasnya.

Untuk pengamanan Pilkades, Polres Sampang menerjunkan 7.270 aparat keamanan baik TNI maupun Polri, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan dijaga oleh 60 aparat.

Sementara itu, Pilkades serentak di Kabupaten Sampang akan dilaksanakan di 108 Desa di 14 Kecamatan, yang akan diikuti oleh 267 Calon Kepala Desa (Cakades). (far/yung).

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor   : Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia