Polres Akan Gunakan Anjing Pelacak Untuk Berantas Narkoba

706 views

Pamekasan, Maduracorner.com – Kepolisian Resor (Polres) Pamekasan, Jawa Timur bakal menggunakan anjing pelacak untuk memaksimalkan pengungkapan dan pemberantasan narkoba.

“Itu upaya terobosan, dalam rangka mengungkap jaringan narkoba pada saat penggeledahan,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP. Sugeng Muntaha, Selasa (15/3/2016).

Dikatakan Sugeng, selama ini cara manual menggunakan petugas kurang mendukung dan mendapat tangkapan yang kecil. Tapi jika menggunakan anjing pelacak dinilai lebih maksimal.

“Narkoba sudah membahayakan, jadi kita gak bisa main-main lagi, upayanya pun harus upaya ekstra,” imbuh Sugeng.

Namun Sugeng masih belum bisa menyebut berapa jumlah anjing pelacak yang akan didatangkan. Sebab masih melihat peluang dari Polda Jawa Timur sebab Polres yang akan gunakan anjing pelacak juga banyak.

“Saya masih rapat koordinasi di Polda terkait dengan operasi pemberantasan narkoba yang ditingkatkan,” tambah mantan Analis Kebijakan Polda Jatim itu.

Dan untuk mendatangkan anjing pelacak tersebut, pihaknya sudah bermusyawarah dengan para ulama dan tokoh masyarakat untuk meminta izin. Dan menurutnya ulama menyambut positif rencana itu.

“Saya ijin para kyai, takutnya kan anjing bagi umat islam adalah binatang yang najis. Dan para kyai mempersilahkan,” pungkasnya.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali。      Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia