Polres Bangkalan Latih Relawan Bencana Alam

184 views

Pelatihan siaga bencana alam di Polres Bangkalan. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Sebanyak 200 tenaga relawan di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dibekali pelatihan tentang keterampilan siaga bencana alam di Mapolres setempat, Kamis (13/12/2018).

Ratusan relawan tersebut, terdiri dari TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan petugas PLN.

“Tenaga relawan ini, dilatih bagaimana menanggulangi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor,” ucap Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan.

Menurutnya, bencana alam bisa melanda kapan saja. Oleh sebab itu, pelatihan bagi tenaga relawan sebagai langkah antisipasi, dan kesiapsiagaan dalam menghadapi segala kemungkinan.

“Jadi, kalau terjadi bencana kita sudah siap dan tahu apa yang harus dilakukan,” imbuh Boby.

Dia menuturkan, ada sejumlah wilayah di Kabupaten Bangkalan yang dipetakan berpotensi dilanda bencana banjir dan longsor. Tentunya, semua instansi terkait harus meningkatkan kewaspadaan.

“Informasi daerah rawan bencana kami terima dari BPBD,” paparnya.

Boby menerangkan, bencana longsor berpotensi melanda Kecamatan Tanjung Bumi, Kokop, Galis, dan Kecamatan Konang. Sedangkan, Kecamatan Blega dan Arosbaya rawan terjadi bencana banjir.

“Semua instansi yang terlibat dalam pelatihan sudah mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terjadi bencana,” tandasnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad