Polres Bangkalan Launching Aplikasi Anti Covid 19, Bantu Gugus Tugas Perangi Covid 19

Bangkalan, Maduracorner.com, Penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Bangkalan bertambah setiap hari. Untuk memantau pergerakan pasien dari berbagai status. Polres Bangkalan meluncurkan aplikasi Analisa Tracing Informasi (Anti) Covid-19 Bangkalan, di Comand centre Polres Bangkalan. Pada Selasa (23/6/2020).

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron meengatakan, aplikasi ini merupakan langkah inovatif yang dilakukan oleh Polres Bangkalan dalam upaya meredam penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. 

“Melalui aplikasi ini baik tim gugus tugas maupun masyarakat dapat memantau perkembangan Covid-19, termasuk kita bersama juga dapat memantau Orang Dalam Resiko (ODR), Orang Tanpa Gejala (OTG), maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang isolasi secara mandiri yang sudah terdata,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra menyampaikan, aplikasi yang diluncurkan tersebut didesign untuk membantu petugas gugus tugas dan masyarakat untuk bersama memantau perkembangan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. “Sehingga dapat menekan penyebaran wabah mematikan tersebut,”ujar Rama sapaan akrab Kapolres Bangkalan.

Dalam aplikasi ini kita tidak hanya dapat memantau PDP, OTG, ODR mapun yang positif. Namun, bisa membantu mereka agar cepat sembuh karena didalam aplikasi yang kita luncurkan ini juga dilengkapi dengan fitur kesehatan.

“Sehingga masyarakat juga dapat langsung berkonsultasi tentang perkembangan kesehatan mereka,” ujar Kapolres Bangkalan.

Rama juga menuturkan, aplikasi ini sudah aktif dan dapat di instal melalui Playstore ataupun IOS. Saat ini semua Bhabinsa, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangkalan telah menginstal aplikasi Anti Covid-19 dan juga akan terhubung dengan Kampung Tangguh maupun Ponpes Tangguh termasuk Puskesmas, RSUD dan Bidan di desa. 

“Jadi nantinya para pemudik ataupun mereka yang baru datang dari luar daerah akan kita wajibkan untuk menginstal aplikasi ini sehingga mereka kan terpantau dan dapat berkonsultasi mengenai kesehatannya,” tutur Rama.

Ia juga memaparkan, Sedangkan untuk operator dari aplikasi tersebut, Rama menjelaskan ada tim baik dari polres Bangkalan, Kominfo, dan dari Dinas Kesehatan yang aktif selama 24 jam. “Mereka akan update setiap hari untuk dilaporkan ke Provinsi dan update secara nasional,”pungkasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia