Polres Bangkalan Sita 1.800 Liter BBM Ilegal

647 views
Pik up berisi solar diamankan di mapolres Bangkalan-foto: Aryan/MC.com

Pik up berisi solar diamankan di mapolres Bangkalan-foto: Aryan/MC.com

Bangkalan, Maduracorner.com – Sebanyak 1.800 liter bahan bakar minyak (BBM) jenis solar disita gabungan aparat Polsek Sepulu dan Koramil Sepulu, kemarin sekitar pukul 11 Kamis (30/10/2014) dan saat ini ribuan solar tersebut  diamankan di Mapolres Bangkalan bersama mobil  colt Mitsbubishi Nopol. M 8676.GC yang sudah di modifikasi. Polisi juga  memeriksa supir pick – up colt Mitsbubishi inisial HM (44) beserta  TO (50) yang diduga sebagai pemilik solar ilegal.

Keduanya merupakan warga Desa Sepulu, Kecamatan Sepulu. “Sesuai pengakuan HM dan TO, solar tersebut didapat dari sejumlah SPBU dan mengumpulkan dari masyarakat. Rencananya solar itu akan dijual kepada nelayan yang ada di kawasan Kamal,” ujar Kapolres Bangkalan, AKBP Sulistiyono melalui Kasatreskrim Polres Bangkalan, AKP Andi Purnomo, Kamis (30/10/2014)

Kronologis penangkapan mitssubishi pengangkut solar ilegal hampir dua ton itu, kata Andi, bermula dari kecurigaan petugas koramil Sepulu terhadap pik-up mitsubishi nopol M 8676 GC itu. Selanjutnya pik-up diminta berhenti dan saat ditanya supir mengatakan mengangkut air tapi berbau solar. Saat diperiksa akhirnya kecurigaan petugas koramil terbukti karena didalam colt mitsubishi itu terdapat dua tandon besar yang sudah dimodefikasi dengan kapasitas 1 ton solar setiap tandonnya. Namun saat diperiksa hanya berisi 900 liter/tandon, jumlah semua 1.800 liter.

“Saat dihentikan, pengemudi mengaku membawa air bersih.Tapi, baunya solar menyengat lalu diperiksa oleh petugas. Hasilnya, ternyata pik- up itu berisi solar. Selanjutnya koramil Sepulu menelpun Polsek Sepulu untuk bersama -sama mengamankan dan diserahkan ke Polres Bangkalan,” tutur Andi. Kami akan menjerat pemilik solar ilegal dengan pasal 55 junto 53 UU NO. 22/2001 tentang migas dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” pungkasnya.

 

Penulis : aryan

Editor.  : Sohib

 

Email Autoresponder indonesia