PON Remaja Segera Digelar, IPSI Se Madura Diminta Segera Bersiap


Logo IPSI
Pra Kualifikasi IPSI Bulan Desember 2013 | Oleh Mamad el Shaarawy

maduracorner.com, Bangkalan – Pemerintah berencana menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) remaja. PON remaja ini yang diperuntukkan bagi atlet kelompok umur 14 – 17 ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit muda atlet nasional. Jika tidak ada aral melintang, pesta olahraga junior ini bakal digelar tahun 2014 mendatang atau setidaknya awal tahun 2015.

Berkenaan dengan hal tersebut, pihak Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pengprop Jawa Timur akan segera melakukan pra kualifikasi bagi para atlet mereka, yakni bulan desember mendatang. Pra kualifikasi ini dilakukan guna menjaring atlet pencak silat se Jatim yang akan menjadi bagian dari Kontingen Jawa Timur di PON remaja.

IPSI Pengprop Jatim pun meminta, agar IPSI Kota/Kabupaten segera mempersiapkan para atletnya menghadapi pra kualifikasi tersebut. “Khususnya bagi para atlet di 4 kabupaten se Madura. Karena selama ini Madura menjadi salah satu barometer pencak silat di Jawa Timur”,ujar Ketua Lembaga Wasit dan Juri IPSI Pengprop Jatim, Samsul Arif, kepada maduracorner.com, rabu siang (18/09).

Laki-laki asal Bangkalan ini berharap, melalui persiapan sejak dini akan banyak atlet pencak silat asal Madura yang masuk kontingen Jatim saat PON remaja nantinya. Jika nantinya bisa berprestasi di ajang tersebut, para atlet Madura otomatis ikut mengharumkan nama Madura. “Maka dari itu saya berharap semua atlet di bawah IPSI Pengkab se Madura, segera mempersiapkan atlet-atlet mereka”,kata Samsul Arif lagi.

Dewan Pakar IPSI Pengkab Bangkalan ini juga meminta, agar tiap pengkab segera memperkenalkan serta membiasakan para atletnya dengan peraturan baru dalam pertandingan pencak silat. Menurutnya, ada 12 perubahan peraturan yang harus segera disosialisasikan pada atlet. Karena jika para atlet tidak mengetahuinya, mereka akan mudah terkena pelanggaran akibat perubahan aturan tersebut.

“Jadi yang akan dipakai itu adalah peraturan pertandingan hasil Munas PB IPSI 2012 bukan hasil munas 2009. Ini yang perlu dicermati dan diketahui tiap pengurus IPSI daerah”,pungkas Samsul. (mad)

 

Email Autoresponder indonesia