Ponpes Hidayatulloh Al-Muhajirin Gelar Upacara Hari Kemerdekaan

Upacara hari kemerdekaan di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al-Muhajirin Pasarean Bawah Buduran Arosbaya. (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM- Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatulloh Al-Muhajirin Pasarean Bawah Buduran Arosbaya, melaksanakan upacara akbar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI).

Upacara hari kemerdekaan di lingkungan pesantren itu terasa sangat istimewa, karena baru pertama kali digelar sejak berdirinya Ponpes Hidayatulloh Al-Muhajirin.

“Karena ini upacara pertama, kami buat spesial. Selama ini, kami selalu ikut upacara di luar pesantren,” kata Inspektur Upacara, Anang Sudarto, Jumat (17/8/2018).

Peringatan momen bersejarah tersebut dihadiri sebanyak 6000 orang, yang terdiri dari santri, Alumni, PAC GP Ansor juga masyarakat sekitar. Upacara pun berlangsung khidmat dan penuh penghayatan.

“Kami juga membentangkan bendera raksasa berukuran 9×12 meter persegi,” imbuhnya.

Menariknya, setelah upacara ada atraksi pencak silat. Inilah yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sebab, jurus pencak silat itu, merupakan karya original pendiri pesantren. Hanya diajarkan untuk kalangan terbatas.

Silat tersebut sudah cukup lama tidak pernah ditampilkan ke publik, dan baru tahun ini ditampilkan di muka umum, dalam rangka HUT ke-73 RI.

“Ada atraksi marching band juga, Alhamdulillah semua berjalan lancar,” tandas Anang.(*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad