Potensi Cuaca Ekstrim Musim Hujan, Masyarakat Bangkalan Diminta Tanggap dan Waspada

Bangkalan, Maduracorner.com,
Masyarakat di sejumlah daerah Madura khususnya Kabupaten Bangkala diminta untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya hujan lebat di sejumlah daerah yang berpotensi peningkatan curah hujan dengan intensitas deras disertai petir dan angin kencang.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperingatkan adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa daerah dalam sepekan ke depan 5-11 Desember 2020 di wilayah Provinsi Jawa Timur (termasuk Bangkalan).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rizal Morris menyampaikan, hal ini terjadi akibat angin monsun asia telah memasuki wilayah Jawa Timur bersamaan dengan kondisi dinamika atmosfir yang tidak stabil.a

“Aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, gelombang Kelvin disertai pusaran angin sehingga mendorong terbentuknya daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin atau konvergensi,”kata Rizal dalam pres release. Selasa (8/12/2020).

Sehubungan dengan itu Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron juga memerintahkan agar melakukan koordinasi dengan instansi sectoral terkait untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi.

“Baik itu dalam penanganan kedaruratan bencana agar dapat memberi perlindungan dan keselamatan masyarakat yang terdampak bencana,”ujarnya.

Selain itu kata dia, seluruh masyarakat Bangkalan agar berhati-hati dan mewaspadai potensi cuaca ekstrim.

“Karena cuaca ini dapat menimbulkan puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, serta kondisi jalan licin yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan,”imbaunya. (Ris)

Email Autoresponder indonesia