PPDB SMP Tanpa Test Masih Ngambang

716 views
Permen belum turun, PPDB SMP tanpa tes masih mengambang. foto : aryan/mc.com

Permen belum turun, PPDB SMP tanpa tes masih mengambang. foto : aryan/mc.com

Menunggu Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan | Oleh : Aryan

Maduracorner.com, Bangkalan – Mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP tanpa test di tahun ajaran 2014 di Kabupaten Bangkalan, nampaknya masih butuh waktu. Pasalnya, hingga saat ini peraturan menteri (Permen) pendidikan pusat yang melandasi proses PPDB tanpa test itu belum juga turun.

“Hingga saat ini Disdik Kabupaten Bangkalan masih menunggu Permen Pendidikan pusat. Rencananya, PPDB SMP tanpa test akan mulai diberlakukan pada tahun ajaran (TA) 2014/2015 nanti,” ujar Kepala Disdik Bangkalan, Moh.Mohni melalui Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK, Risman Irianto, Jum’at, (21/2).

Menurutnya, permendik itu tidak langsung turun ke Disdik Bangkalan, tapi ke Disdik Provinsi Jatim dulu. Untuk kemudian Disdik Jatim menindak lanjuti kembali dengan mengundang seluruh Kepala Disdik Kabupaten se-Jatim. Sekaligus menerbitkan buku pedoman / panduan untuk disampaikan keseluruh Disdik di Jatim.

“Baru kemudian, Disdik Bangkalan yang nantinya membuat surat edaran (SE) sembari membentuk  tim PPDB SMP tanpa test untuk TA. 2014/2015. Tapi kembali seperti yang disampaikan tadi, hingga saat ini Disdik Bangkalan masih menunggu buku pedoman PPDB SMP tanpa test dari Disdik Provinsi Jatim,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada tahun ajaran sebelumnya, PPDB dilakukan melalui 3 cara yakni lewat, jalur presatasi, nilai ujian nasional (UN) siswa dan jalur test di SMP masing-masing.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia