Produksi Berlimpah di Musim Kemarau, Harga Garam Rakyat Anjlok

image

 
maduracorner.com, Sampang – Nasib petani garam Madura tak sebaik kualitas garam hasil produksi mereka. Pasalnya, harga garam anjlok di musim panen akhir tahun 2014 ini. Turunnya harga tersebut terlontar dari para petani di lahan pegaraman Kota Sampang.

Syarif, salah satu petani garam menuturkan, harga garam rakyat turun dari 600 ribu rupiah per ton menjadi 550 ribu rupiah saja. Harga tersebut merupakan patokan jual yang dibeli oleh pedagang atau pengepul garam rakyat yang membeli langsung ke lokasi pegaraman.

“Toron argenah bujhe samangken, mas (turun harga garam sekarang, mas)”,tutur Syarif kepada maduracorner.com kamis (15/10/2014) pagi. Ia menambahkan, harga tersebut dibawah harga garam tahun lalu yang mampu menembus 700 ribu rupiah per ton.

Tentu saja para petani mengeluhkan kondisi tersebut. Selain tidak sesuai dengan ongkos produksi, harga garam yang ada juga tidak sesuai dengan kerja keras yang mereka lakukan di bawah sinar terik matahari.

“Mau bagaimana lagi, harganya memang segitu. Daripada Cuma menumpuk di gudang kami, ya (kita) jual saja”,tambah Syarif dengan nada pasrah.

Turunnya harga garam rakyat ini bukan karena menurunnya kualitas hasil produksi. Sebaliknya, garam yang dihasilkan lahan pegaraman rakyat memiliki kualiatas bagus di musim kemarau tahun ini.

“Saya kurang tahu apa penyebabnya. Harga segitu memang yang diambil oleh pedagang (pengepul). Bisa jadi karena hasil produksi garam musim kemarau tahun ini melimpah di pasaran. Namun yang pasti, garam hasil kami dalam kondisi kualitas bagus”,terang Haji Abbas, salah satu pemilik lahan garam yang ditemui di lokasi pegaraman.

Para petani maupun pemilih lahan garam pun berharap, pihak pemerintah setempat bisa mengatasi persoalan ini. Salah satunya menekankan harga garam rakyat yang tidak merugikan mereka. “Garam ini komoditas unggulan lokal. Maka kita berharap pemerintah bisa ikut membantu kami”,pungkas Abbas.
Penulis: Mamad el Shaarawy

Posted from WordPress for Android

Email Autoresponder indonesia