Proyek Pipanisasi Air di Kecamatan Kwanyar Tidak Sesuai Harapan Warga

 

image

Warga tunjukkan pipa air

Bangkalan, maduracorner.com – Proyek pipanisasi air sepanjang 4 km lebih di kecamatan Kwanyar terkesan mubazir dan tidak sesuai harapan warga setempat. Hal ini dikarenakan, distribusi air melalui pipa tersebut tidak pernah sampai ke tempat penampungan pertama di dusun Keplak, desa Morombuh.

Proyek pipanisasi ini dialirkan dari sumur yang dibuat di halaman belakang kantor kecamatan Kwanyar hingga ke Desa Morumbuh.

Kondisi ini tentu saja membuat warga Desa Morumbuh kecewa berat. Apalagi saat musim kemarau seperti sekarang. “Air yang dialirkan lewat pipa sepanjang 4 km tersebut tidak pernah sampai ke tujuan. Kami tentu kecewa karena sangat membutuhkan saat musim kemarau,”terang Sekdes Morumbuh, Moh. Syarif kepada maduracorner.com, kamis (8/10/2015).

Syarif menyampaikan, salah satu faktor yang penyebab air tidak sampai ke tempat penampungan, karena area pemasangan pipa berada pada posisi tanah yang menanjak dengan ketinggian 100 meter dari atas permukaan laut. Sehingga air tidak mampu dialirkan.

Apalagi mesin diesel yang dipakai mendorong air ke pipanisasi jenisnya mesin kecil. Maka bisa dipastikan, air tidak mungkin dialirkan ke pipa karena memiliki daya dorong kecil pula.

“Kalau boleh saya mengusulkan kepada pak Camat Kwanyar, sebaiknya mesin pendorong air itu diganti dengan mesin diesel yang lebih besar. Sehingga air bisa sampai ke Desa Morumbuh,”usul Syarif.

Dikonfirmasi di tempat terpisah, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kecamatan Kwanyar, Sujarwo mengatakan, pihaknya tidak tahu menahu soal proyek pipanisasi sepanjang 4 km tersebut. Sehingga kalau terjadi masalah, pihak kecamatan pun tidak bisa bertanggung jawab dan hanya sebatas melaporkan kepada Bupati Bangkalan.

“Proyek pipanisaasi sepanjang 4 km itu di luar tanggung jawab kecamatan. Maka kalau warga protes berkaitan tidak berfungsinya pipanisasi tersebut, kami hanya sebatas melaporkan kepada Bupati Bangkalan nantinya,”kilah Sujarwo. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Shaarawy

Email Autoresponder indonesia