PSSI Bangkalan Bakal Gelar Kursus Kepelatihan

651 views

 

PSSI Buka Kursus Pelatih | oleh : lazamalover

Maduracorner.com, Bangkalan-Momentum digelarnya sejumlah pertandingan sepak bola berkelas nasional di kabupaten Bangkalan selama beberapa bulan terakhir, nampaknya tak ingin disia-siakan pelaku sepak bola kota salak tersebut.

Dalam waktu dekat, mereka akan membuka kursus kepelatihan sepak bola licensi C nasional. Terobosan itu sengaja dilakukan untuk menggali bakat-bakat lokal yang dimiliki Bangkalan dan Madura pada umumnya.

Kepastian itu diungkapkan pengurus divisi kepelatihan Pengprov PSSI Jawa Timur, Hanafing. Dia mengatakan bahwa pembangunan sepak bola secara fundamental memang sudah saatnya mengarah pada tahap pembinaan pelatih potensial.

“Bangkalan sudah bisa menggelar pertandingan sepak bola berkelas nasional. Sudah saatnya kita menggali bibit-bibit pemain putra daerah. Salah satunya yang paling penting adalah mencetak pelatih atau instruktur yang berkompeten,” ujar mantan pelatih PSM Makasar.

Hanafing juga bersyukur dengan sambutan bupati bangkalan terkait rencana digelarnya kursus kepelatihan yang akan dilaksanakan selama 11 hari sejak 10 april tersebut.

“Sambutan bapak bupati juga luar biasa. Salah satu yang menjadi pertimbangan beliau adalah karena jumlah pelatih asal bangkalan dengan lisensi mumpuni, masih bisa dihitung dengan jari. Sehingga pelatihan ini dirasa perlu untuk segera diselenggarakan.” Imbuh ayah asuh Kristian Adelmund saat masih di PSIM Yogyakarta, musim lalu tersebut.

Hanafing juga menambahkan bahwa persyaratan utama mengikuti kursus tersebut adalah sudah memiliki lisensi D. Hal itu dijelaskan selain biaya kursus yang dipatok sebesar 6 juta rupiah bagi setiap peserta.

“Persyaratannya harus sudah memiliki lisensi D. Atau, boleh tanpa lisensi D asalkan calon peserta tersebut pernah membela tim nasional. Biayanya sebesar 6 juta.” Papar pemilik lisensi “instructor” versi induk sepak bola dunia, FIFA tersebut.

Selain sebagai pengurus pengprov PSSI jawa timur, Sosok Hanafing memang tidak asing bagi bola mania Bangkalan. Pelatih kelahiran Makasar itu bahkan telah menunjukkan kepiawaiannya dalam menukangi sebuah klub. Terbukti saat membawa klub bentukan sementara Bangkalan Selection, dia berhasil menyisihkan 2 kontestan ISL, Persepam Madura United dan Persegres sekaligus menyabet gelar juara Bupati Bangkalan Cup I, pada peresmian stadion gelora bangkalan tahun lalu.(laz/krs)

 

Email Autoresponder indonesia