PT Pertamin PHE WMO Belum Realisasikan PI

611 views

PHE WMO Belum Realisasikan PI       | Oleh : A.Shohib

 

: bupati bangkalan RKH Makmun Ibu Fuad dan Petinggi PHE WMO saat menanam pohon mangrove-Foto : A.Shohib/MC.com

: bupati bangkalan RKH Makmun Ibu Fuad dan Petinggi PHE WMO saat menanam pohon mangrove-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan- PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) sampai saat ini ternyata belum merealisasikan partisipasi Interest (PI) untuk kabupaten Bangkalan, padahal sejak tahun 2011, operator yang menggantikan Codeco telah beroperasi di blok Madura. “Kita berharap tidak lama lagi PI untuk kabupaten Bangkalan ini segera terealisasi,” kata Vice President and General Manager Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Bambang Kardono disela-sela penanaman 10 ribu pohon Mangrove dalam rangka memperingati hari lingkungan Se-Dunia di pantai desa Labbuan kecamatan Sepulu, Rabu (05/06).

Pada prinsipnya kata Bambang Kardono, sekja dikeluarkannya surat kementreian ESDM, PI untuk kabupaten Bangkalan sudah diberikan, akan tetapi realisasinya masih belum, karena PHE WMO masih melakukan kajian-kajian untuk mengeluarkan dana PI tersebut. “Masih ada proses yang harus dijalani, seperti ada dilijent, review atau melihat data-data, sebab sebelum kita komitmen mengeluarkan dana,  kita harus potensinya bagaimana, namun kita berharap tidak lama lagi PI akan terealsasi,” jelas Bambang Kardono.

Lebih lanjut Bambang Kardono menjelaskan, untuk merealisasikan PI dari blok PHE WMO ini, pihaknya telah bekerja bersama-sama pemkab Bangkalan dan pemrop Jatim. “Sudah selama dua bulan ini kami bekerja bersama untuk secepatnya merealisasikan PI itu,” katanya.

Dikatakan Bambang Kardono, pembagian prosentase PI untuk pemkab Bangkalan dan pemrop Jatim sebesar 10 persen dengan perincianan untuk pemprop Jatim sebesar 53 persen dan untuk pemkab Bangkalan 47 persen. “Sekarang kita tinggal mengatur tehnisnya untuk realisasi PI itu,” tuturnya.

Namun imbuh Bambang Kardono, selain PI, PHE WMO telah memberikan bantuan untuk pembangunan infrastruktur dan lain-lainnya. “Bantuanitu kmai bagi dalam  empat kelompok,  pembangunan infrastruktur, apakah itu sanitasi, sarana ibadah dan sekolah ini bentuk dukungan WMO dibidang pendidikan, kami telah mengajak siswa SD SMP dan SMK berkunjung ke cara-acara kami untuk memperkenalkan kegiatan PHE WMO, “ pungkas Bambang  Kardono.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, RK Makmun Ibnu Fuad mengharapkan agar jatah PI dari blok PHE WMO segera direalisasikan. “Dana PI itu nanti akan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyraakat Bangkalan,” kata Ra Momon. (min)

 

Email Autoresponder indonesia