PU Pengairan Lakukan Normalisasi Parit Gendong

1003 views

Untuk Para Petani. I Oleh : Teguh S

Maduracorner.com,Sumenep – untuk mengantisipasi masuknya sampah dan lumpur yang dibawa air hujan dari perkampungan ke saluran air sungai Dinas PU. Pengairan Kabupaten Sumenep, setiap tahun harus melakukan kegiatan normalisasi dan pembersihan pari gendong yang biasanya berada di samping jaringan irigasi.

Kepala Dinas PU Pengairan Kabupaten Sumenep,  Heri Susanto melalui Kepala Bidang Operasional dan Pemeliharaan (OP) Jaringan Irigasi, Sudarno, mengungkapkan, kegiatan normalisasi parit gendong memang dilakukan, utamanya pada saat musim hujan seperti sekarang. Selama ini kegiatan normalisasi parit gendong dilaksanakan di Kecamatan Lenteng hingga Saronggi, dan Kecamatan Kota, yakni di Desa Parsanga, dan Paberasan. “Kegiatan normalisasi dan pembersihan parit gendong bertujuan, agar jaringan irigasi tidak sampai terganggu dengan kotoran dan sampah yang biasanya terbawa air dari perkampungan,” terangnya.

Dijelaskan Sudarno, Saluran irigasi yang ada tetap bisa menampung air dengan baik, dan lahan pertanian tetap aman, karena bebas dari lumpur dan sampah yang mengganggu tanaman pertanian. Dengan tetap memelihara kondisi irigasi tersebut, petani akan merasa nyaman dan tenang dalam melaksanakan aktifitasnya.

Ditambahkan Sudarno, sedangkan,  banjir yang menimpa petani Desa Poja Kecamatan Gapura beberapa waktu lalu, karena meluapkan kali Patrian dari Desa Parsanga dan Paberasan. “Itu bukan karena tidak berfungsinya kegiatan normalisasi parit gendong. Namun, karena kapasitas aliran air dari dataran tinggi, seperti dari Kecamatan Batuputih yang tidak bisa ditampung kali Patrian,” pungkas Sudarno. (tgh/shb)

Email Autoresponder indonesia