Pulau Garam Bisa Berubah Menjadi Pulau Gula

656 views

PTPN X Bertekad Memakmurkan Madura dengan tanaman Tebu  | Oleh : Aryan

: Suasana jumpa press antara Semen Indonesia, PTPN X dengan awak media-foto: Aryan/MC.com

: Suasana jumpa press antara Semen Indonesia, PTPN X dengan awak media-foto: Aryan/MC.com

 Maduracorner.com, Bangkalan – Kebijakan pemerintah pusat lewat Kementerian BUMN untuk memberi kesempatan kepada PT Semen Indonesia dan PTPN X memanfaatkan  aset – aset BUMN berupa lahan siap garap yang tersebar di pulau Madura termasuk di Kabupaten Bangkalan untuk ditanami tebu rakyat, sehingga bisa memakmurkan kehidupan petani tebu dan kedepannya nanti Pulau garam sebutan untuk pulau Madura bisa berubah menjadi pulau gula.

“Kedepannya nanti Madura diharapkan  yang selama populer dengan sebutan pulau garam berubah menjadi pulau gula,” ujar Tim Pendamping dan konsultan PTPN X, Faisol, saat menggelar jumpa press dengan sejumlah awak media di Mapolres Bangkalan, Kamis, (30/1).

Untuk mencapai harapan pemerintah itu, lanjutnya, selain didukung penuh oleh PT Semen Indonesia yang bersinergi dengan PTPN X karena berada dalam satu Kementerian BUMN. Nantinya,   dalam pengrekrutan tenaga kerja penanaman tebu, PTPN X akan mengambil tenaga lokal yang selama ini belum punya pekerjaan atau menganggur dengan gaji yang riel.

Dikatakan Faisol, ketika penanaman tebu berjalan,maka pendapatan perkapita petani tebu juga akan ditingkatkan lewat bantuan program regulasi subsidi pupuk, proteksi dan promosi dengan  bunga rendah, modal juga di subsidi. Dengan begitu Madura bisa seperti petani tebu di pulau Jawa yg usaha gulanya telah maju. Termasuk memberi proses pelajaran bisnis secara gratis seperti di Jawa, dengan waktu kerja yang tidak terikat. Sehingga hasil tebu sebagai bahan utama pembuatan gula terus bertambah.
“Saya harap awak media di Bangkalan bisa membantu PTPN X dengan cara mentransformasi kepada masyarakat luas. Sehingga Tri Perkebunan PTPN X , berupa membuka sumber daya alam, membuka lapangan kerja dan menguntungkan bisa tercapai,” pungkasnya. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia