Pulau Saor Menunggu Bantuan Kekeringan

722 views
image

warga mencari air bersih di sebuah goa pulau Saor

Sumenep,Maduracorner.com-Keberadaan pulau Saor di Kecamatan Sapeken Sumenep sudah mulai dilanda kekeringan. Sementara di daerah tersebut tidak ada sumber air yang bisa diandalkan. Hal itu dikatakan warga setempat, Zainul Khair. Menurutnya, saat ini warga di pulau Saor sudah kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Sementara, jika pun mau membeli, jaraknya cukup jauh.

“Warga harus menyeberang pulau sebelah untuk mendapatkan air bersih. Dan itu pun masih harus membeli. Kita juga harus membayar biaya transportasi perahu bagi yang tidak punya perahu,” tuturnya.

Pihaknya juga mengakui, selama ini tidak pernah ada bantuan air bersih ataupun ataupun program pipanisasi dan pengeboran dari Pemkab Sumenep. “Kami berharap kedepan, daerah kami juga mendapat perhatian,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, R Syaiful Arifin membenarkan, bahwa di pulau saor memang merupakan daerah yang sering dilanda kekeringan. “Di pulau Saor, ada warga yang mempunyai perahu tandon. Mereka mengambil air bersih di pulau terdekat. Kami sudah koordinasi dengan pak camat setempat, terkait program yang akan dilakukan, karena camat yang tahu kondisi disana,” ujarnya.                               

Penulis : Rian Andrian.                Editor : Gebril Altsaib

Email Autoresponder indonesia