Puluhan Guru Keluhkan TPG Triwulan I Hingga Akhir Bulan Belum Cair

image

Bangkalan,maduracorner.com – Puluhan guru dari semua jenjang mengeluhkan tunjangan profesi guru (TPG) triwulan 1 (Januari – Maret 2015) belum juga cair. Hal tersebut disampaikan salah satu guru SD di Kecamatan Bangkalan, Budi S kepada maduracorner.com, selasa (28/4/2015) siang.

Menurutnya sesuai ketentuan yang disampaikan Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Ditjen Pendidikan Dasar Kemendikbud, bahwa TPG triwulan pertama harusnya cair antara tanggal 1-16 April 2015 atau sebelum tanggal 16 April 2015. “Tapi kenyataannya hingga jelang akhir bulan April 2015 belum juga cair,”keluh Budi.

Sementara itu, hasil konfirmasi dengan Kasubbag Umum Disdik Bangkalan, M. Bakrun mengatakan, bahwa keterlambatan pembayaran TPG bukan berasal dari Disdik Bangkalan. “Meski SK TPG sudah cair 100 persen dari pusat. Tapi kalau dananya belum dikirim ke Pemkab Bangkalan. Jadi akhirnya TPG juga belum bisa dicairkan, mas”,terang M Bakrun.

Ia menuturkan, jumlah guru penerima TPG di Kabupaten Bangkalan saat ini sekitar 4 ribu lebih. Sementara surat keputusan (SK) TPG yang cair dari pusat di Kabupaten Bangkalan saat ini baru 75 persen. Jadi masih menunggu sisanya 25 persen lagi. “Mungkin dalam waktu dekat ini SK-nya turun dari pusat”,tambahnya.

M Bakrun meminta, para guru harus sabar dan memaklumi keterlambatan pembayaran TPG. Karena semata-mata bukan dari Disdik Bangkalan. “Sekali lagi yang perlu diketahui, meski SK TPG sudah 100 persen cair, tapi kalau danaTPG  dari pusat belum dikirim ke Pemkab Bangkalan, ya otomatis TPG juga belum bisa dibayarkan”,pungkas mantan Kepala Disdik Socah tersebut. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia