Puluhan Hektar Sawah Terendam Banjir

693 views
image


Sawah di Desa Gunung maddeh terendam banjir

Sampang, Maduracorner.com-Hujan deras yang mengguyur wilayah Sampang sepanjang malam tadi, membuat puluhan hektar sawah di Desa Gunung Maddeh Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang terendam banjir setinggi 50 centi meter, Jum’at (27/02/2015) .Tidak hanya itu, padi milik petani juga roboh akibat diterjang angin. Kondisi ini memaksa petani memanen padi mereka lebih awal sebelum waktunya.

Tidak hanya terendam air setinggi 50 centi meter, beberapa petak sawah milik petani juga ada yang nyaris seluruh batang padinya terendam air. Jika padi terlalu lama terendam air maka akan busuk dan di khawatirkan petani gagal panen.

“Ini baru umur tiga bulan lebih pak, seharusnya dipanen satu minggu lagi. tapi takut busuk kalau tidak segera dipanen,” keluh Ibu Iis petani warga setempat.

Namun tidak semua padi milik petani di desa gunung maddeh yang di panen lebih awal,
sejumlah petani memilih mengikat batang padi yang roboh. Karena padi yang ambruk belum siap panen karena masih berumur dua bulan setengah, dan baru siap panen dua minggu mendatang.

“Airnya semakin tinggi dari gunung turun kesawah. kalau tidak ikat malah tambah busuk nanti. Apalagi padinya sudah sebagian di makan tikus,” sambung petani lainnya,Muhammad Tohir.

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor    : Achmad

Email Autoresponder indonesia