Puluhan Mahasiswa Gruduk Dispendukcapil Bangkalan

1190 views

Puluhan Mahasiswa mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat (Gempar) gruduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bangkalan, Selasa, (14/7/2020).

Aksi mahasiswa tersebut menuntut lambannya pelayanan Dispendukcapil dalam melayani masyarakat dalam pembuatan KTP. Bahkan massa menilai sistem pelayanan Adminduk dari tingkat kecamatan hingga Kabupaten amburadul.

Tak hanya itu, Mahasiswa itu juga menyoroti dugaan maraknya tindak pidana pungli di kawasan Dispendukcapil setempat yang dilakukan oleh oknum Dispenduk.

“Kami sudah banyak memiliki Bukti bahwa di Dispendukcapil Bangkalan ketika masyarakat mengurus KTP kerab terjadi pungli dan banyak calo yang mencari kesempatan memeras rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Informasi Andmistrasi Kependudukan (PIAK) Dispendukcapil Bangkalan, Samsul Bahri membantah pernyataan mahasiswa bahwa di Dispenduk steril dari Pungli.

“Akan tetapi kalau calo kami tidak bisa mengilak. Sebab, ketika ada warga desa datang mengurus KTP kesini mengatasnamankan perwakilan Desa, sehingga kami tetap melayani. Namun saya tegaskan kalau pungli tidak ada,” ujarnya.

Samsul juga menambahkan, semua aspirasi dan tuntutan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Gempar itu akan disampaikan kepada Kepala Disdukcapil.

“Kebetulan hari ini, pak Kadis sedang sakit sehingga tidak bisa menemui massa. Dan kami wakili. Jadi semua tuntutannya akan kami sampaikan kepada Pak Kadis,” pungkasnya. (Ris/tkn).

Email Autoresponder indonesia