Puluhan Mahasiswa UTM Bangkalan Gelar Aksi Solidaritas Bencana Asap

image

Puluhan Mahasiswa UTM Bangkalan Gelar Aksi Solidaritas Bencana Asap

Bangkalan, maduracorner.com – Puluhan mahasiswa dari Lembaga Dakwah Kajian Majelis Kajian Mahasiswa Islam Universitas Trunojoyo Madura (LDK MKMI UTM) menggelar aksi solidaritas terkait bencana asap di Sumatra dan Kalimantan, minggu (11/10/2015).

Aksi puluhan mahasiswa tersebut dilakukan di beberapa tempat yang dianggap strategis di kota Bangkalan. Seperti di lampu merah depan Masjid Agung Bangkalan, Pertigaan Tangkel -Suramadu dan di sejumlah SPBU.

Tanpa ada unsur paksaan, mahasiswa mengedarkan kotak terbuat dari kardus untuk meminta sumbangan seikhlasnya. Baik kepada pengendara mobil maupun sepeda motor.

“Sebagai generasi muda, mahasiswa merasa miris melihat penderitaan saudara kita di Riau yang meninggal akibat kasus bencana asap. Termasuk ribuan warga Kalimantan dan Sumatera lainnya yang kini terserang penyakit ISPA”,ujar Ketua Kemuslimahan LJK UTM Bangkalan, Sudarmini kepada maduracorner.com saat ditemui di lokasi.

“Itu sebabnya kami ingin mengetuk hati masyarakat Bangkalan untuk ikut berempati guna meringankan beban mereka dengan memberi sumbangan seikhlasnya,”tambahnya lagi.

Sudarmini melanjutkan, hasil sumbangan yang terkumpul dari masyarakat Bangkalan ini rencananya akan dititipkan kepada panitia aksi cepat tanggap bencana asap Riau di Surabaya. Yang selanjutnya diteruskan kepada warga Sumatera maupun Kalimantan.

“Jika tidak kita yang ikut peduli, lantas siapa lagi yang membantu saudara kita di sana? Sudah menjadi kewajiban kita sebagai satu bangsa Indonesia,”tandasnya. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor.  : Mamad el Shaarawy