Pupuk di Pamekasan Langka Akibat Tak Didistribusikan

912 views

image

Pamekasan, Maduracorner.com – Petani di wilayah utara Pamekasan mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi jenis Urea. Sebab sejumlah kios tidak menyediakan pupuk yang dibutuhak masyarakat.

Distributor Pupuk di Kecamatan Pakong Pamekasan, H. Sutrisno mengungkapkan, hal itu karena pendistribusian pupuk terputus di Gudang penyangga. Sehingga distributor tidak mendapat pasokan.“Sekarang di bagian utara Pamekasan, para petani teriak tidak ada pupuk bersubsidi, khususnya pupuk urea. Karena alur distribusi tersumbat di Produsen, ” kata H. Sutrisno.

Koordinator PT Pupuk Kaltim di Pamekasan, Syaiful Iman Dion mengungkapkan, pupuk di gudang penyangga cukup untuk memenuhi kebutuhan petani. Namun pupuk tersebut tidak didistribusikan. “Stok pupuk di gudang ada 3.329 ton, Cuma karena ada masalah di Bangkalan jadi gudang pilih tutup,” kata Syaiful

Ditambahkan Syaiful, di kantong pembungkus pupuk tertera tahun 2009 sehingga dianggap kedaluwarsa dan tidak boleh disalurkan karena tidak memiliki ijin edar.

Sementara itu, Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Arm Mawardi mengatakan, sebagai salah satu pendamping program swasembada pangan langsung berkoordinasi dengan KP3 agar pupuk tersebut bisa disalurkan.”Mulai sekarang pendistribusian pupuk bisa dilanjutkan, silakan berkoordinasi dengan Danramil. Anggota saya akan mengawal,” kata Dandim Mawardi.

Penulis : Fatahillah Kamali.                       Editor : Gebril

Email Autoresponder indonesia