Ra Latif Renovasi Rumah Nenek Hawiyah Yang Tidak Layak Huni

Bangkalan, Maduracorner.com, Di sela kesibukannya, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron kerab secara spontan menyambangi rumah – rumah warga dan melakukan interaksi langsung secara lebih dekat.

Seperti yang dilakukan Bupati Bangkalan bersama Dinas Sosial dan Dinas Kominfo Kabupaten Bangkalan. Kamis (11/2). Bupati menyambangi warga Desa Bragung Kecamatan Klampis yang tidak mampu, dan melihat secara langsung rumah tidak layak huni (rutilahu) milik nenek Hawiyah. Nenek paruh baya itu terpaksa tinggal di rumah tidak layak huni tersebut.

Perempuan yang akrab disapa Mbah Hawiyah ini sudah biasa menahan dinginnya angin malam yang masuk melalui sela-sela dinding bambu. Genting atap rumah yang sudah tidak sempurna pun menambah cerita pilu Mbah Hawiyah.

Kamis (11/2) pagi, wajah ceria nampak terlihat di raut wajah Mbah Hawiyah. Wanita renta itu kedatangan Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron. Kedatangan orang nomor satu di Bangkalan itu
Untuk memberikan paket sembako kepada Emba Hawiyah dan warga Desa Bragang Kecamatan Klampis yang kurang mampu.

Menurut warga sekitar, Nenek Hawiyah Hampir 3 bulan hidup sebatang kara setelah sang suami meninggal. Kondisi rumah pun hampir rubuh dan hampir tak bisa ditempati.

Melihat kondisi itu, para tetangga berencana membangunkan rumah secara swadaya. Namun, mendengar cerita itu, Ra Latif sapaan akrab Bupati Bangkalan itu berinisiatif agar rumah nenek Hawiyah diusulkan pada program rumah layak Huni.

“Alhamdulillah, setelah diusulkan program rutilahu, rumah nenek Hawiyah sudah proses direnovasi, semoga cepat selesai dan bisa ditempati,” ucap Ra Latif.

Namun, kata Ra Latif, tak hanya kondisi rumah yang menjadi perhatian. Tetapi keikutsertaan warga pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosil (DTKS).

“Kalau warga yang benar -benar tidak mampu dan sudah mempunyai kartu identitas, nantinya langsung daftarkan DTKS, kalau belum punya E-Ktp, nanti Dispendukcapil yang mendatangi rumah warga,” ujarnya disela-sela menyambangi warga.

Sementara itu Mbah Hawiyah, tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bangkalan Ra Latif setelah mengetahui rumahnya proses dalam perbaikan.

“Matorskalangkong pak Bupati (terima kasih pak, terima kasih),” katanya sambil terisak.

Menurut, Mbah Hawiyah, bantuan dari Ra Latif sangatlah berharga. ” Semoga Pak Bupati diberikan kesehatan terus dan semoga Allah membalas kebaikan pak Bupati,” kata Mbah Hawiyah. (Ris)

Email Autoresponder indonesia